Sambut Idul Adha, Ini Imbauan Pakar UNS untuk Panitia Kurban

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 01 Juli 2022 - 10:52:00 WIB
Sambut Idul Adha, Ini Imbauan Pakar UNS untuk Panitia Kurban
Ilustrasi - Penyembelihan hewan kurban. Foto: dok.

SOLO, iNews.id Hari Raya Idul Adha sebentar segera tiba. Panitia kurban diminta mempersiapkan beberapa hal dalam menghadapi kurban di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Program Studi (Prodi) Peternakan, Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sulistyo menyampaikan beberapa imbauan untuk panitia kurban. 

Pertama adalah lebih selektif dalam membeli hewan kurban. Berikutnya, panitia kurban hendaknya menyiapkan dandang-dandang besar saat penyembelihan. Hal ini akan memudahkan panitia jika ternyata hewan kurban yang disembelih mengidap PMK.

Sesuai edaran Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), bagian-bagian hewan ternak yang terkena PMK ringan harus direbus hingga matang terlebih dahulu sebelum dibagikan. Bagian-bagian tersebut yakni kepala, kaki, dan jeroan.

“Untuk kurban di tengah pandemi PMK sebaiknya panitia menyiapkan dandang-dandang untuk perebusan. Jadi jika ternyata hewan kurban terkena PMK ringan, sesuai fatwa MUI memang sah tetapi bagian-bagian yang terkena seperti kepala, kaki, jeroan itu direbus dulu sehingga aman dari virus PMK,” kata Sulistyo melalui siaran pers Humas UNS, Jumat (1/7/2022). 

Panitia kurban diimbau untuk mempersiapkan lubang khusus untuk membersihkan jeroan hewan kurban. Lubang diperuntukkan khusus untuk menampung air yang telah digunakan untuk membersihkan jeroan. 

Jika jeroan sudah bersih dan air cucian sudah tertampung di lubang, panitia diminta untuk menambahkan asam sitrat atau deterjen sebelum menutup lubang. Hal ini dimaksudkan agar air cucian tersebut tidak mencemari lingkungan.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: