Sandiaga Uno Inginkan Desa Wisata Cikakak Banyumas Jadi Destinasi Berkelas Dunia

Antara · Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:38:00 WIB
Sandiaga Uno Inginkan Desa Wisata Cikakak Banyumas Jadi Destinasi Berkelas Dunia
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) dan Bupati Banyumas Achmad Husein (kanan) saat mencoba mengaduk wajik ketek di Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (13/10/2021). (foto: Antara)

BANYUMAS, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menginginkan Desa Wisata Cikakak di Kabupaten Banyumas menjadi destinasi berkelas dunia. Menurutnya, Desa Wisata Cikakak memiliki fenomena yang sama dengan Sangeh, Bali.

"Keberpihakan kita dengan program andalan desa wisata untuk menghadirkan kesejahteraan masyarakat, terbukanya lapangan kerja, dan transformasi Desa Wisata Cikakak menjadi destinasi berkelas nasional, internasional, mungkin juga destinasi berkelas dunia," kata Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (13/10/2021).

"Seperti wajik ketek (kudapan yang terbuat dari ketela tekong khas Desa Cikakak) yang tadi kita coba. Tadi juga ada beberapa program ekonomi kreatif, batik, Insya Allah nanti kita kerjasamakan," katanya.

Hal itu, kata dia, terkait permintaan Bupati Banyumas Achmad Husein untuk membawa investor infrastruktur. Dia mengatakan pihaknya akan melakukan riset terkait dengan keberadaan Masjid Saka Tunggal di Desa Wisata Cikakak yang konon dibangun pada tahun 1288.

"Kalau betul (dibangun) 1288, ini berarti lebih tua dari Masjid Demak. Ini berarti juga menjadi destinasi wisata religi," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: