Sekolah Tatap Muka, Siswa SMP di Brebes Ini Wajib Bawa Minuman Jahe

Yunibar ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 13:17 WIB
Sekolah Tatap Muka, Siswa SMP di Brebes Ini Wajib Bawa Minuman Jahe
Kepala SMPN 02 Jatibarang, Brebes, Mochammad Idi Fitriayadi mengecek perlengkapan siswa (Foto: iNews/Yunibar)

BREBES, iNews.id - Berada di zona kuning Covid-19, sejumlah sekolah di Brebes, Jawa Tengah (Jateg) mulai menerapkan pembelajaran tatap muka. Selain menerapkan protokol kesehatan ketat, salah satu juga mewajibkan siswanya membawa minuman dari bahan rempah-rempah seperti jahe guna menjaga imunitas tubuh.

Dari pantauan iNews, kegiatan belajar tatap muka di SMP Negeri 02 Jatibarang, Brebes, berjalan normal. Banyak siswa yang tidak mempunyai laptop maupun smartphone membuat pihak sekolah membuka pembelajaran tatap muka.

Langkah ini juga diizinkan karena Brebes masuk zona kuning. Uniknya, selain menerapkan protokol kesehatan, sekolah juga meminta siswa untuk membawa minuman jahe.

Kepala SMPN 02 Jatibarang, Mochammad Idi Fitriayadi mengatakan upaya tersebut dilakukan untuk lebih meningkatkan imunitas tubuh para siswa saat berada di sekolah. Siswa juga wajib membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

Menurutnya minuman jahe yang dibawa para siswa mengacu pada saran dinas kesehatan Brebes. Namun, pihak sekolah tidak menyediakan sehingga siswa membawa sendiri.

"Ini niatnya untuk pembentukan karakter, anak buat (jahe) dari rumah. Jadi semua keluarga minum, ayahnya, ibunya adeknya, jadi satu keluarga minum semua," ucap Mochammad.

Pembelajaran tatap muka di sekolah dilaksanakan secara bergantian. Para siswa hanya melaksanakan belajar tatap muka tiga kali dalam seminggu untuk masing masing kelas.


Editor : Nani Suherni