Semangat Ambil Bantuan Tunai di Kantor Pos, Warga Cilacap Malah Bergerombol

Heri Susanto ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 10:04 WIB
Semangat Ambil Bantuan Tunai di Kantor Pos, Warga Cilacap Malah Bergerombol
Antrean pengambilan bantuan sosial tunai di Kantor Pos Cilacap, Jawa Tengah (Jateng). (Foto: iNews/ Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id - Sebanyak 46.000 lebih warga di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) menerima bantuan sosial tunai (BST) di sejumlah Kantor Pos. Meski panitia menerapkan protokol kesehatan virus corona (Covid-19), warga masih menggabaikan physical distancing dengan bergerombol saat mengantre.

Dari pantauan iNews, puluhan ribu warga Kabupaten Cilacap sudah bergerombol di Kantor Pos pada Rabu (13/5/2020). Dalam pencairan BST, pihak Kantor Pos mewajibkan warga menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk hingga jaga jarak. Namun protokol kesehatan yang diterapkan panitia tidak sepenuhnya ditaati warga.

Dalam antrean, warga masih terlihat bergerombol saat verifikasi data penerimaan bantuan. Kursi yang semula ditata berjarak lebih dari satu meter oleh warga digeser lebih dekat sehingga bergerombol agar mereka bisa ngobrol. Warga mengaku mereka harus mengantre selama dua jam untuk mendapatkan dana bantuan sosial tunai sebesar Rp600.000.

"Saya antre lama, sudah dua jam lah," kata warga penerima BST Eti Suswati, Selasa (12/5/2020).

Bantuan sosial tunai ini merupakan tahap pertama dari tiga bantuan yang akan diterima warga. Untuk mempercepat, pencairan akan dilakukan di kantor balai desa. Sementara itu, Kantor Pos Cilacap menargetkan sebelum hari raya Idul Fitri seluruh bantuan dapat disalurkan kepada penerima.

"Maksimal hari Lebaran itu sudah selesai. Sesuai hari kerja," ucap Kepala Kantor Pos Cilacap Fernanda Windu Rahmanto.


Editor : Nani Suherni