Semarang Bersiap Hadapi Musim Kemarau, Ini Wilayah Berpotensi Alami Krisis Air

Ahmad Antoni ยท Jumat, 10 Juni 2022 - 06:37:00 WIB
 Semarang Bersiap Hadapi Musim Kemarau, Ini Wilayah Berpotensi Alami Krisis Air
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan penanaman pipa resapan di Kelurahan Jabungan, Banyumanik, Semarang. (Ist)

SEMARANG, iNews.id – Pemkot Semarang terus berupaya mendorong perbaikan kualitas lingkungan di wilayah ibu kota Jawa Tengah. Salah satunya persoalan kekeringan, terlebih pada wilayah-wilayah berpotensi mengalami krisis air pada musim kemarau

Dalam upayanya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melibatkan banyak pihak, termasuk pihak akademisi melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Salah satunya kegiatan penanaman pipa resapan bersama Universitas Semarang, di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kamis (9/6/2022).

Kegiatan itu dimaksudkan untuk mengatasi persoalan kekeringan di daerah tersebut yang beberapa kali menimbulkan permasalahan krisis air. Tak hanya itu, penanaman pipa resapan juga diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya genangan air di musim penghujan.

Dalam kesempatan tersebut, Hendi pun mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan solusi dalam menjawab berbagai tantangan pembangunan Kota Semarang hari ini. 

Terkhusus dalam kaitan pipa resapan horisontal, dirinya menilai inisiasi tersebut memiliki efek besar dengan biaya konstruksi yang relatif murah. Untuk itu dia mengharapkan kegiatan tersebut dapat terus dilanjutkan.

“Bagus yang dilakukan oleh USM, dengan metode yang sederhana bisa meresapkan air sehingga kita mempunyai cadangan air pada saat kekeringan, juga mengurangi banjir," ujar wali kota yang akrab disapa Hendi ini. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: