SMA di Jateng Gratis, SMA Negeri 2 Pati Kembalikan Uang SPP Siswa

Muhammad Fida Ul Haq ยท Sabtu, 11 Januari 2020 - 15:26 WIB
SMA di Jateng Gratis, SMA Negeri 2 Pati Kembalikan Uang SPP Siswa
Ilustrasi uang (dok. iNews)

PATI, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo telah menggratiskan uang SPP SMK/SMK. SMA Negeri 2 Pati menjadi sekolah pertama yang mengembalikan uang SPP tersebut.

Kepala SMAN 2 Pati Budi Santosa menindaklanjutinya dengan mengembalikan uang SPP siswa mulai Jumat (10/1/2020). Aksi itu diunggahnya di akun media sosial Twitternya @BIG27BUDI.

“Hari ini SMA N 2 PATI mengembalikan kelebihan bayar SPP untuk 486 siswa dengan total uang yg dikembalikan Rp209.420.000. Sesuai arah dari Pak Gub @ganjarpranowo dan petunjuk dari @pdkjateng. Alhamdulillah Ortu siswa senang dan tersenyum gembira. MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA," tulis Budi.

BACA JUGA:

Wahyu Setiawan Kena OTT KPK, Ini Kata Tetangga

Tanggul Irigasi Jebol, Bangunan Ponpes di Temanggung Longsor

Budi mengatakan pengembalian uang SPP merupakan inisiatifnya. Dia mengatakan hingga saat ini belum ada instruksi dari Dinas Pendidikan Pemprov Jateng.

“Belum ada (belum ada juklak juknis dari Dinas Pendidikan soal pengembalian). Iya ini inisiatif sekolah," ucap Budi, seperti dilihat iNews.id di situs resmi Pemprov Jateng.

Dia mengatakan ada sebagian orang tua yang sudah membayar SPP untuk beberapa bulan. Bahkan ada yang sudah membayar SPP selama setahun penuh.

“Kita menyegerakan karena memang ini nampaknya dibutuhkan banyak orang tua yang sudah membayar (SPP),” ujar dia.

Budi meminta masing-masing uang SPP siswa diberikan dalam bentuk cash. Orang tua siswa diminta membawa bukti pembyarana untuk mengambil uang SPP nya kembali.

“Uang yang dikembalikan Rp209.420.000 dari pembayaran 486 siswa. Tadi pengembalian langsung cash, langsung saya berikan ke orang tuanya. Orang tuanya kita panggil ke sekolah untuk menerima uang yang sudah kita amplopi,” ucap Budi.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq