Suspect Korona, Balita yang Pulang dari Depok Diisolasi di RSUP Dr Sardjito

Sindonews, Priyo Setyawan · Kamis, 12 Maret 2020 - 12:03:00 WIB
Suspect Korona, Balita yang Pulang dari Depok Diisolasi di RSUP Dr Sardjito
Dokter spesialis paru konsultan RSUP Dr Sardjito, Ika Trisnwati (kiri) menyatakan tetap akan memantau pasien dewasa yang telah dinyatakan negatif virus corona, Kamis (30/1/2020). (Foto: SINDOnews)

YOGYAKARTA, iNews.id - RSUP Dr Sardjito Yogyakarta merawat pasien anak dalam pengawasan Covid-19. Pasien berjenis kelamin laki-laki itu rujukan dari PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (9/3/2020) lalu.

Dari informasi yang dihimpun, pasien yang berusia tiga tahun itu dirujuk karena mengalami batu, pilek dan sesak napas setelah pulang dari Depok, Jawa Barat (Jabar). Dia berada di Depok sejak 27 Februari hingga 3 Maret 2020.

Meski tidak ada kontak dengan yang positif Covid-19, pasien dalam pengawasan rumah sakit itu mengalami batuk pilek. Balita tersebut dirawat di ruang isolasi anak RSUP Dr Sardjito.

"Pasien anak dalam pengawasan Covid-19. Saat ini masih dalam perawatan, tapi kondisinya sudah stabil dan tidak panas," kata Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan, Kamis (12/3/2020).

Banu menjelaskan, untuk memastikan pasien terjangkit Covid-19 atau tidak, rumah sakit sudah mengirimkan swab dahak dan sampel darah ke Litbangkes, Kementerian Kesehatan. Saat ini RSUP Dr Sardjito masih menunggu hasilnya.

Untuk penanganan pasien ini, kata Banu, layaknya seperti pneumonia biasanya. Yakni diberikan antibiotik dan dimonitoring secara berkala.

Editor : Nani Suherni