Tak Diminta Putar Balik, Pemudik Motor Mulai Padati Jalur Pantura Tegal

Yunibar ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 09:37 WIB
Tak Diminta Putar Balik, Pemudik Motor Mulai Padati Jalur Pantura Tegal
Pemudik motor beristirahat di SPBU Kaligangsa, Kota Tegal, Jawa Tengah sejak Rabu (20/5/2020). (foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Pemerintah pusat telah melarang warga mudik, tetapi puluhan perantau dengan sepeda motor mulai memadati jalur Pantura Kota Tegal, Jawa Tengah, sejak Rabu (20/5/2020) pagi. Para pemudik motor dari Jabodebatek ini umumnya para pekerja yang kontrak kerjanya habis maupun telah dipecat.

Dari pantauan iNews, empat hari jelang Lebaran, puluhan pemudik motor mulai memadati jalur pantura perbatasan Kabupaten Brebes dan Kota Tegal. Di antara mereka mengaku, berangkat dari Jakarta pada pukul 21.30, Selasa (19/5/2020) malam.

Sejumlah SPBU menjadi tempat beristirahat para pemudik motor untuk melepas lelah. Seperti di SPBU Kaligangsa, Kota Tegal ramai pemudik sejak pagi. Mereka beristirahat setelah melakukan perjalanan selama enam hingga delapan jam. Sejumlah sepeda motor pemudik dipenuh barang bawaan baik di belakang maupun di depan.

Salah seorang pemudik Andi mengaku, terpaksa pulang bersama empat temannya karena masa kontrak kerjanya telah habis sejak awal Mei lalu. Menurutnya selama perjalanan banyak razia penyekatan pemudik, mulai dari Karawang, Jawa Barat. Namun karena alasan telah diputus hubungan kerja (PHK) mereka pun diperbolehkan melanjutkan perjalanannya ke Solo.

"Sudah habis kontak, daripada nganggur di sana. Banyak orang Solo yang kena PHK juga," ucap Andi, Rabu (20/5/2020).

Para pemudik mengaku tetap melewati jalur pantura dan tidak melewati jalan tikus untuk pulang ke kampung halamannya. Mereka menilai, sejumlah dokumen yang dibawa sudah memenuhi syarat untuk sampai ke kampung halaman.

"Jalannya lewat pantura saja. Razia ada tapi kita tunjukkan surat-surat diperbolehkan lewat," kata pemudik motor lain, Bejo.

Selain pemudik motor, jalur pantura Tegal-Brebes juga dipadati truk angkutan barang. Bahkan, sejumlah mobil pribadi bernomor polisi Jakarta masih terlihat melintas.

Berita Lain Bisa Dibaca di Okezone.com: Ketika Sindikat Narkoba Beraksi Manfaatkan Boneka Beruang


Editor : Nani Suherni