Tank TNI yang Tenggelam di Sungai Bogowonto Berhasil Dievakuasi

Kastolani ยท Sabtu, 10 Maret 2018 - 17:17:00 WIB
Tank TNI yang Tenggelam di Sungai Bogowonto Berhasil Dievakuasi
Tank TNI AD yang tenggelam di Sungai Bogowonto berhasil dievakuasi. (Foto: Facebook)

PURWOREJO, iNews.id – Kendaraan tempur lapis baja tank M113 milik TNI AD yang tergelincir dan tenggelam di Sungai Bogowonto, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, berhasil dievakuasi ke daratan.

Proses evakuasi dilakukan anggota TNI dibantu tim SAR dengan melibatkan kendaraan tempur lain sekitar pukul 13.15 WIB. Sementara itu, puluhan anak TK dan PAUD yang ikut tenggelam dalam kejadian itu ssemuanya berhasil diselamatkan. Hanya dua siswa yang dirawat di RSUD.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tank milik TNI AD yang mengalami kecelakaan sudah diangkat ke daratan. “Tank bernomor 11 itu sudah berhasil ditarik,” kata Sutopo dalam keterangannya, Sabtu (10/3/2018).

Sutopo mengatakan, kecelakaan terjadi ketika tank M113 dari Batalion Infanteri (Yonif) Mekanis 412 Divisi Infanteri 2/Kostrad membawa rombongan anak-anak TK dan PAUD Ananda Kelurahan Sindurjan Kecamatan/Kabupaten Purworejo sekitar pukul 08.00 WIB.

Sebelum dikenalkan dan naik kendaraan lapis baja tank, anak-anak berkumpul di Lapangan Yonif 412 untuk mengikuti simulasi naik helikopter. Setelah itu, anak-anak melaksanakan latihan outbound dengan naik tank dan melintasi Sungai Bogowonto.

Ada tiga unit tank yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Pelaksanaan outbound dibagi menjadi 2 kloter, pada kloter pertama selamat semua. “Kloter kedua ini yang kena musibah karena tank tergelincir masuk sungai,” katanya.

Akibat kejadian, dua orang meninggal dunia, yakni seorang anggota Batalion 412 Pratu Renry meninggal dunia, dan Kepala PAUD Ananda Iswandari.

Editor : Kastolani Marzuki