Tebing 20 Meter Longsor, Jalan Penghubung Banjarnegara-Pekalongan Tak Bisa Diakses

Elis Novit ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 12:43 WIB
Tebing 20 Meter Longsor, Jalan Penghubung Banjarnegara-Pekalongan Tak Bisa Diakses
Longsor di jalan provinsi penghubung Banjarnegara-Pekalongan, Kamis (9/1/2020). (Foto: iNews.id/Elis Novit)

BANJARNEGARA, iNews.id - Akibat diguyur hujan deras, tebing setinggi 20 meter di Desa Slatri, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah longsor. Untuk sementara akses jalan provinsi penghubung Banjarnegara-Pekalongan via Karangkobar dan Wanayasa tak bisa dilalui.

Camat Karangkobar, Waris mengatakan longsoran tahan menutup total badan jalan sehingga akses dari kedua daerah terhenti.

"Ada longsoran di jalan provinsi Banjarnegara Karangkobar yang menutup penuh bahu jalan. Sehingga akses dari Banjarnegara dan Karangkobar terhenti dan tidak bisa dilalui begitu juga sebaliknya," ujar Waris, Kamis (9/1/2020).

BACA JUGA: Tinjau Desa Langganan Longsor di Tegal, Ganjar: Kalau Bunyi Wiu-Wiu Langsung Lari

Danramil Karangkobar, Kapten Infantri Bambang Aprianto memastikan telah berkoordinasi dengan dinas bina marga dan BPBD setempat untuk mengirimkan alat berat. Karena material ketebatalan tanah 10 meter, evakuasi secara manual sulit dilakukan.

"Sekitar jam 07.00 terjadi longsoran, kami berkoordinasi dengan rekan-rekan bina marga dan BPBD. Sekarang kendaraan alat berat sedang menuju jalan provinsi ini," katanya.

BACA JUGA: Tebing 10 Meter Longsor, Akses ke Objek Wisata Dieng Terputus

Data dari BPBD Banjarnegara, menyebutkan tanah longsor di bulan Januari mencapai 16 titik. Mereka mengimbau warga yang melintas di jalur rawan untuk waspada saat terjadi hujan lebih dari lima jam.


Editor : Nani Suherni