Temui Sri Sultan HB X, Presiden Halimah Yacob Cerita Pernah Jadi Turis di Yogyakarta

Nani Suherni ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 10:20 WIB
Temui Sri Sultan HB X, Presiden Halimah Yacob Cerita Pernah Jadi Turis di Yogyakarta
Presiden Singapura Halimah Yacob dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Foto: Dokumen Humas Pemda DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id - Presiden Republik Singapura Halimah Yacob mengunjungi Keraton Yogyakarta pada Rabu (5/2/2020) malam. Dalam kunjungannya, Halimah mengaku pernah menjadi turis di Yogyakarta empat tahun lalu.

Disambut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hemas dan Wakil Guberur DIY KGPAA Paku Alam X, Halimah Yacob menyaksikan sajian pertunjukan tarian pusaka milik Keraton Yogyakarta, Beksan Lawung Jajar.

Rombongan Presiden Singapura itu pun diajak melihat koleksi milik keraton seperti keris, wayang, batik, dan keramik di Emper Gedhong Prabayekso.

Usai pertemuan, putri sulung Sri Sultan HB X, GKR Mangkubumi menuturkan, Presiden Halimah bercerita pernah berkunjung ke Kraton Yogyakarta sebagai turis empat tahun lalu.

"Yang disampaikan Presiden Singapura tadi, dia empat tahun lalu pernah ke Keraton Yogyakarta sebagai turis. Beli tiket sendiri, kemudian melihat performance tarian di Bangsal Srimanganti. Percakapan di dalam (tadi) lebih ke budaya, beliau itu senang dengan kebudayaan yang ada di Yogyakarta," katanya mengutip website resmi Pemda Yogyakarta, Kamis (6/2/2020).

Sementara itu, Direktur Asia Tenggara Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Denny Abdi, menyampaikan Halimah baru mengunjungi Indonesia kembali setelah menjabat sebagai presiden.

Dia menjelaskan, kunjungan kenegaraan Presiden Singapura ini bertujuan meningkatkan hubungan antar kedua negara.

"Fokus kunjungan yakni people to people, pendidikan, dan kebudayaan sebagai negara yang dekat dengan Indonesia," ujar Denny.

Denny juga menerangkan, selama menjamu makan malam, Sri Sultan dan Presiden Singapura hanya membahas hubungan bilateral, kedekatan Indonesia dengan Singapura dan banyak kerja sama pendidikan juga pelatihan yang dijalankan selama ini antar kedua negara.

Rencananya hari ini, (Kamis, 6/2/2020) rombongan Presiden Singapura akan mengunjungi beberapa lokasi seperti mengunjungi Universitas Gadjah Mada untuk meninjau kerja sama pendidikan Indonesia dengan Singapura.


Editor : Nani Suherni