Terbang 30 Menit dengan Jet Tempur TNI AU, Ini yang Dirasakan Puan Maharani

Ahmad Antoni, Carlos Roy Fajarta ยท Rabu, 06 Oktober 2021 - 12:12:00 WIB
Terbang 30 Menit dengan Jet Tempur TNI AU, Ini yang Dirasakan Puan Maharani
Ketua DPR Puan Maharani memberi hormat sesaat sebelum take off. (foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id  – Momentum HUT ke-76 TNI menjadi kenangan yang tak akan terlupakan bagi Puan Maharani. Betapa tidak, Ketua DPR ini bukan saja menerima Wing Kehormatan Penerbang Kelas I dari TNI AU, tapi menjajal terbang (joy flight) selama 30 menit dengan jet tempur TNI AU T-50i Golden Eagle.

Saat mengangkasa bersama Komandan Skadron Udara 15 Tempur Letkol (Pnb) Dharma T Gultom, dalam posisi sebagai kopilot Puan bukan hanya merasakan berbagai manuver udara seperti slow roll hingga fast roll, tapi berkesempatan meng-handling pesawat dan melaksanakan termin ke kanan dan termin ke kiri. 

“Saya sungguh bangga dan merasa sangat terhormat diberi kesempatan terbang dengan jet tempur TNI AU secara langsung. Ini menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan,” ujar Puan sesaat setelah penyematan Brevet Wing Kehormatan dari TNI AU oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, di apron Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (5/10/2021).

Penyerahan Brevet Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU diberikan berdasarkan Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep 321/IX/2021 tentang Pemberian Hak untuk Menerima dan Memakai Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara yang ditandatangani langsung oleh KSAU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Selain Puan Maharani ,Brevet Wing Kehormatan juga diberikan kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo, KSAU Marsekal TNI Yudho Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. "Terima kasih kepada TNI AU. Penerbang-penerbangnya profesional, tangguh dan cekatan. Saya merasakan sendiri," ujarnya.

Rasa bangga yang diungkapkan Puan Maharani, tentu sangat beralasan, mengingat dia adalah seorang sipil. Berada di back seat pesawat tempur, untuk kemudian terbang di ketinggian 10.000-20.000 ribu kaki, dengan kecepatan sampai 750 km/jam, bukan hal ringan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: