Terungkap, Kerangka dalam Septic Tank di Bantul adalah Ayu Selisa

Kuntadi ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 18:18 WIB
Terungkap, Kerangka dalam Septic Tank di Bantul adalah Ayu Selisa
Septic tank milik seorang warga Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul kini dipasangi garis polisi usai penemuan kerangka manusia beberapa waktu lalu. (Foto: iNews/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id – Identitas kerangka manusia yang ditemukan di septic tank milik warga Karangjati, Kasihan, Bantul bernama Waluyo akhirnya terungkap. Dari pemeriksaan luar, diketahui kerangka ini adalah Ayu Selisa yang merupakan menantu dari Waluyo.

Seperti diduga sebelumnya, pemilik kerangka manusia itu adalah Ayu Selisa yang merupakan istri dari Edi Susanto. Edi Susanto merupakan anak pemilik septic tank, Waluyo. Edi Susanto diketahui meninggal dunia 50 hari yang lalu dengan cara bunuh diri.

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Riko Sanjaya mengatakan kesimpulan itu diambil setelah menemukan dua petunjuk dari pemriksaan luar. Yakni sebuah gelang warna hitam dan potongan bordir pakaian.

Atas dasar itu, polisi kemudian mendatangi keluarga Ayu Selisa di Badran, Jetis, Yogyakarta. Keluarganya diketahui langsung mengenali dua alat bukti ini dan memastikan itu adalah jasad Ayu Selisa yang dikabarkan hilang sejak 2009 silam.

“Dari gelang dan potongan bordir itu, orang tua mengenali itu sebagai barang Ayu Selisa,” kata Riko.

Saat itu, Polsek Kasihan sebenarnya hendak melakukan tes DNA terhadap orang tua Ayu Selisa. Namun saat ditunjukkan barang bukti, keluarga langsung mengenalinya. Bordir itu berasal dari jaket milik Ayu. Keluarga juga mengatakan gelang yang ditemukan polisi adalah gelang yang selalu dipakai Ayu.

Setelah keluarganya mengenali dan memastikan itu jasad Ayu Selisa, petugas kemudian menyerahkan kerangka manusia ini kepada keluarga dengan sejumlah berkas acara penyerahan. Kerangka itu pun sudah dimakamkan oleh keluarganya.

“Sudah kita serahkan dengan bukti penyerahan dan keluarganya sudah mengebumikan,” ujarnya.

Sebelumnya, pekerja bangunan yang dimintai untuk memperbaiki septic tank milik Waluyo pada Minggu (22/12/2019) menemukan kerangka manusia di dalamnya. Temuan itu dilaporkan kepada polisi dan dilakukan uji laboratorium di RS Bhayangkara Polda DIY.

Polisi kemudian mengembus keterkaitan antara penemuan kerangka itu dengan kematian Edi Susanto, suami dari Ayu Selisa. Sekitar dua bulan lalu, Edi nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Dia juga sempat menuliskan surat wasiat yang intinya akan menemui nenek dan istrinya.

Padahal sebelumnya, sejak 2009, Edi mengatakan kalau sudah bercerai dengan istrinya. Semenjak itu mereka sudah tidak berhubungan. Meski begitu keluarga Ayu Selisa sudah beberapa kali ke rumah Waluyo untuk meminta kejelasan keberadaan putrinya. Hingga akhirnya mereka melaporkan hilangnya Ayu ke polisi tahun 2009 silam.


Editor : Rizal Bomantama