Tim Peneliti Uji Klinis Fase Dua Vaksin Nusantara di RSUP Kariadi Semarang, Ini Hasilnya

Antara · Kamis, 18 Februari 2021 - 16:57:00 WIB
Tim Peneliti Uji Klinis Fase Dua Vaksin Nusantara di RSUP  Kariadi Semarang, Ini Hasilnya
Salah seorang peneliti Yetty Movieta Nency di RSUP dr. Kariadi Semarang, Kamis (18/2/2021). (Antara)

SEMARANG, iNews.id -Tim peneliti melakukan serangkaian tahap uji klinis fase dua vaksin anti Covid-19 yang diberi nama Vaksin Nusantara di RSUP Pusat dr. Kariadi, Kota Semarang. Tim peneliti terdiri dari PT. Rama Emerald Multi Sukses (Rama Pharma) bersama AIVITA Biomedical asal Amerika Serikat, dan Fakultas Kedokteran Undip

"Pengembangan Vaksin Nusantara saat ini memasuki uji klinis fase kedua setelah fase pertama untuk mengetahui keamanan vaksin telah selesai dilaksanakan pada akhir Januari 2021 dengan hasil baik tanpa ada keluhan berat yang dirasakan oleh 27 sukrelawan vaksin," kata salah seorang peneliti Yetty Movieta Nency di RSUP dr. Kariadi Semarang, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya,  uji klinis fase dua ini dilakukan untuk menentukan efektivitas vaksin yang nantinya akan diujikan kepada 180 sukarelawan vaksin sebelum memasuki uji klinis fase tiga guna menentukan pengaturan dosis untuk 1.600 sukarelawan vaksin.

Ia mengatakan, salah satu metode vaksin yang sedang dikembangkan pihaknya saat ini adalah vaksin berbasis sel dendritik autolog yang merupakan komponen dari sel darah putih.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3