get app
inews
Aa Text
Read Next : Kisah Haru Sariman Korban Longsor Cilacap, Menanti Istri dan 2 Anaknya Ditemukan

Tingkatkan Pelayanan Publik, Menpan RB Tjahjo Kumolo Minta Pemda Lakukan Inovasi

Jumat, 19 Maret 2021 - 11:40:00 WIB
 Tingkatkan Pelayanan Publik, Menpan RB Tjahjo Kumolo Minta Pemda Lakukan Inovasi
Menpan RB Tjahjo Kumolo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik Pemkot Salatiga, Jumat (19/3/2021). (Foto/Angga Rosa)

SALATIGA, iNews.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meminta pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ini untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan publik demi terwujudnya pelayanan prima.

"Pemerintah daerah juga kami minta untuk terbuka kepada media dengan memanfaatkan teknologi informasi selama 24 jam. Dan libatkan masyarakat melalui skema survei kepuasan pelayanan publik," katanya saat launching Mal Pelayanan Publik Pemkot Salatiga, Jumat (19/3/2021). 

Menurutnya, langkah tersebut akan mengurangi berbagai manipulasi kejahatan yang ada. "Dengan pelayanan publik yang baik serta cepat dapat segera memulihkan ekonomi nasional akibat terdampak pandemi Covid-19," tandasnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan sampai sekarang selain Kota Salatiga beberapa daerah di Jateng yang telah membuat mal pelayanan publik antara lain Banyumas, Kebumen, Batang, dan Pati.

"Adanya pandemi ini saya mengajak Bupati/Walikota untuk menjadikan momentum dalam menata reformasi birokrasi di Jateng. Kalau kita menunggu head immunity sampai 75 persen itu akan lama, adanya mal pelayanan publik yang inovatif warga cukup diinput tanpa datang," ujarnya.

Ganjar berharap formulasi memindahkan dari manual ke digital dapat mendorong tumbuhnya start up baru, maupun bisnis baru. Tidak lupa dia mengajak para pelaku UMKM agar turut memanfaatkan layanan publik yang ada pada masing-masing daerah. Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengungkapkan adanya mal pelayanan publik di Salatiga dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat. 

Total ada 195 layanan perijinan maupun non perijinan yang dapat diakses seperti Kantor Pos, Kemenag, BP-Jamsostek, BPN, Kejaksaan, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Polres Salatiga, Samsat dan lain sebagainya serta dilengkapi, tempat bermain anak, sudut baca, difabel, dan tempat menyusui.

"Layanan tersebut bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi misi Kota Salatiga demi tercapainya pelayanan publik yang baik," ujarnya.

Editor: Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut