Toyota Yaris Mati Mesin di Perlintasan Kereta Api di Kendal, Suami Istri Tewas di Tempat

Eddie Prayitno ยท Senin, 09 Desember 2019 - 16:56 WIB
Toyota Yaris Mati Mesin di Perlintasan Kereta Api di Kendal, Suami Istri Tewas di Tempat
Petugas Damkar berusaha mengevakuasi suami istri yang terjepit di mobil setelah tertabrak KA Kaligung di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (9/12/2019). (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Mobil Toyota Yaris tertabrak Kereta Api (KA) Kaligung jurusan Cirebon-Semarang di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Senin (9/12/2019). Akibatnya, dua penumpang mobil yang diketahui suami istri, tewas di tempat.

Mobil bernomor polisi H 8740 BM itu sempat terseret 1 kilometer (km) dari perlintasan tanpa palang pintu. Suami istri penumpang mobil bernama Rochani dan Rikana, warga Magelung, Kaliwungu, Kabupaten Kendal, tewas seketika.

Warga dan petugas berupaya mengevakuasi kedua korban. Upaya evakuasi memakan waktu lama karena kondisi korban terjepit bodi mobil yang ringsek. Warga dan petugas harus mengangkat mobil agar tidak terjepit lokomotif.

Petugas juga harus mendatangkan pemadam kebakaran dan Basarnas Semarang untuk mengevakuasi korban karena evakuasi membutuhkan alat pemotong. Setelah berhasil dievakuasi, kedua korban lantas dilarikan ke Rumah Sakit Soewondo Kendal untuk divisum.

Saksi di lokasi kejadian mengatakan, kronologi kecelakaan maut itu berawal saat mobil melaju dari arah Selatan, hendak menyeberang perlintasan tanpa palang pintu. Diduga, korban tidak melihat KA Kaligung dari arah Barat. Mobil yang sudah berada di tengah mendadak mati mesin. Sopir mobil sempat membunyikan klakson. Namun, karena posisi KA dan mobil sudah dekat, tabrakan tidak dapat dihindari.

“Mesin mobil mati waktu di tengah-tengah rel, sempat terdengar suara klakson. Karena keretanya sudah dekat, mobil itu langsung tertabrak,” kata saksi, Kiswati.

Petugas Damkar dibantu polisi dan warga mengevakuasi suami istri yang terjepit di mobil setelah tertabrak KA Kaligung di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (9/12/2019). (Foto: iNews/E
Petugas Damkar dibantu polisi dan warga mengevakuasi suami istri yang terjepit di mobil setelah tertabrak KA Kaligung di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Sidorejo, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (9/12/2019). (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

Sementara Kanit Laka Polres Kendal Ipda Dedy Mulyono mengatakan, mobil tertabrak KA Kaligung dengan nomor loko CC 2018333 yang melaju dari arah barat. Sementara mobil melaju dari arah selatan. Pengendara mobil diduga tidak melihat kereta hendak melintas. Mobil sempat terseret kereta api yang dimasinisi Bahri Mubarok sejauh 1 km.

“Proses evakuasi berlangsung lama karena posisi korban terjepit bodi mobil butuh alat pemotong yang didatangkan petugas pemadam kebakaran Kendal. Kedua penumpang mobil yang merupakan suami istri dan kepala dusun di Magelung ini tewas seketika,” kata Ipda Dedy Mulyono.

Anak korban yang datang ke lokasi tidak kuasa menahan sedih dan histeris melihat korban yang tewas di lokasi kejadian. Sementara lokomotif KA Kaligung mengalami kerusakan sehingga butuh lokomotif pengganti untuk menarik gerbong menuju stasiun tujuan Poncol Semarang. Kasus kecelakaan ini masih dalam penanganan Satuan Lalu Lintas Polres Kendal.


Editor : Maria Christina