Tradisi Yaa Qowiyyu, Ribuan Warga Berebut Apem yang Dilempar Ganjar, Airlangga dan Sri Mulyani

Ahmad Antoni, Saeful Effendi ยท Jumat, 16 September 2022 - 18:32:00 WIB
 Tradisi Yaa Qowiyyu, Ribuan Warga Berebut Apem yang Dilempar Ganjar, Airlangga dan Sri Mulyani
Ribuan warga berebut apem dalam tradisi Sebar Apem Yaa Qowiyyu di Kompleks Makam Kiai Ageng Gribig, Jatinom, Kabupaten Klaten. (Ist)

KLATEN, iNews.id - Gelaran tradisi Sebar Apem Yaa Qowiyyu di Kompleks Makam Kiai Ageng Gribig, Jatinom, Kabupaten Klaten, berlangsung meriah. Ribuan warga berebut apem yang dilempar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan Bupati Klaten Sri Mulyani.

Tradisi Yaa Qowiyyu digelar setiap bulan Safar pada penanggalan Jawa sekaligus peringatan Haul Kiai Ageng Gribig. Untuk gelaran tahun 2022 Masehi/1956 Ehe ini, panitia menyiapkan sekitar 4 ton apem yang kemudian disebar kepada masyarakat yang datang ke lokasi.

Tradisi Yaa Qowiyyu mengobati kerinduan masyarakat setelah hampir tiga tahun dihantam pandemi Covid-19

"Sudah tiga tahun tidak ketemu, Dul. Kita kangen suasana seperti ini. Alhamdulillah semua dikasih waras. Acara Yaa Qawiyyu itu sebenarnya adalah doa. Doa agar kita semua diberikan kekuatan, doa agar kita semua bisa bangkit karena kuat," kata Ganjar, Jumat (16/9/2022).

Kerinduan itu tidak hanya dirasakan oleh Ganjar. Seluruh masyarakat Jatinom yang hadir di Oro-oro Sendang Plampeyan itu juga menyiratkan rindu yang berbalas. Buktinya saat Ganjar memberikan sambutan, seluruh warga langsung bertepuk tangan dan bersorak penuh semangat.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: