UGM Pastikan Guru Besar Positif Korona Tak Kontak dengan Raja Belanda

Sindonews, Priyo Setyawan · Kamis, 19 Maret 2020 - 09:42:00 WIB
UGM Pastikan Guru Besar Positif Korona Tak Kontak dengan Raja Belanda
Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti (Foto: Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) belum dapat memberikan keterangan tentang riwayat perjalanan guru besar Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM Iwan Dwi Prahasto yang positif Covid-19. Namun, Iwan dipastikan tidak pernah kontak dengan Raja dan Ratu Belanda beberapa waktu lalu.

"Mohon maaf saya belum dapat informasi tentang riwayat terakhir beliau. Yang saya ketahui beliau masuk RSUP Dr Sarjito beberapa hari lalu dan untuk menjaga privacy kami tidak bisa menanyakan kepada keluarganya," kata Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof Paripurna di Gedung Bulat RSUP Dr Sardjito, Rabu (18/3/2020).

Paripurna menjelaskan, atas kondisi ini, UGM meminta siapa saja yang pernah kontak dengan Iwan Dwi Prahasto dalam tiga pekan terakhir, untuk memeriksakan kesehatannya. Dengan begitu nanti akan ketahaun siapa saja yang pernah berhubungan dengan Iwan.

"Bagi civitas UGM dapat memeriksa ke RSA UGM, semua biaya ditanggung RSA UGM," katanya.

Dia memastikan, kabar Iwan pernah kontak dengan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti serta Menteri Perhubungan tidak benar.

Sebelumnya diinformasikan, guru besar UGM tersebut diketahui dirujuk ke RSUP Dr Sardjito pada Minggu (15/3/2020). Selanjutnya pihak rumah sakit melakukan perawatan isolasi serta pemeriksaan dengan standar Covid-19. Salah satunya dengan mengirimkan sampel swab pasien ke Balitbangkes pada Senin, 16 Maret 2020.

Selama menjalani perawatan, pasien dikelola di ruang isolasi khusus. Hasil swab oleh Litbangkes diinformasikan kepada Dinas Kesehatan DIY dan diumumkan pada Rabu hari ini (18/3/2020) kepada publik.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: