Uji Coba New Normal, Wakil Wali Kota Tegal Usir Warga Tak Bermasker di Alun-Alun

Yunibar ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 12:01 WIB
Uji Coba New Normal, Wakil Wali Kota Tegal Usir Warga Tak Bermasker di Alun-Alun
Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi (kaos merah) meminta warga pulang karena tak menggunakan masker, Minggu (31/5/2020). (Foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Hari pertama uji coba new normal Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng) masih banyak ditemui warga tak mengenakan masker. Sejumlah warga yang tengah berolahraga di kawasan Alun-alun Kota Tegal pada Minggu (31/5/2020) pun terjaring razia Satpol PP.

Dari pantaun iNews, ratusan warga yang tengah berolahraga masih banyak yang tidak memakai masker sesuai protokol kesehatan. Padahal, ini hari pertama Kota Tegal uji coba new normal.

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi yang memantauan langsung meminta warga yang tidak mengenakan masker untuk pulang ke rumah dan meninggalkan kawasan alun-alun. Pedagang yang tidak mengenakan masker pun diminta gulung tikar dan pulang.

"Ibu maskernya mana? kalau enggak pakai masker, ini bisa kena munceratan malah repot. Ini jualan makanan kaya gini enggak boleh," ucap Muhammad Jumadi, Minggu (31/5/2020).

Muhammad Jumadi menduga, banyak warga yang melanggar karena menganggap Kota Tegal sudah zona hijau. Padahal, penggunaan masker menjadi salah satu prokotol kesehatan untuk new normal.

"Tadi saya arahkan siapa pun, di manapun kalau masuk Kota Tegal wajib hukumnya pakai masker,"

Sejumlah pelajar pun terjaring razia karena lupa memakai masker. Mereka yang mengaku bersalah karena tidak mematuhi protokol kesehatan rela menyanyikan lagu-lagu nasional. Bahkan sejumlah pelajar laki-laki meminta push up untuk menebus kesalahan yang mereka lakukan.

"Saya enggak pakai masker karena buru-buru sudah janjian sama teman. Ini juga hukumannya kemauan saya sendiri," ucap warga Hakam.


Editor : Nani Suherni