UKM di Soloraya Didorong Berani Ekspor saat Pandemi

Ary Wahyu Wibowo ยท Rabu, 07 Juli 2021 - 22:52:00 WIB
UKM di Soloraya Didorong Berani Ekspor saat Pandemi
Barang ekspor saat dimasukkan ke dalam kontainer di MSA Kargo yang menjadi konsolidator di Soloraya. Foto: iNews.id/Ary Wahyu Wibowo

Budi berharap dikeluarkannya izin kepada MSA Kargo sebagai konsolidator, biaya logistik para pelaku usaha bisa ditekan. Keringanan ini bisa menjadi daya tarik bagi para pelaku usaha. Pada sisi lain, semakin banyak ekspor maka semakin banyak produk yang dikenal di luar negeri.

Regional Manager MSA Kargo Jawa Tengah, Gandhi Yudi Widodo mengatakan, pihaknya berinisiatif menjadi konsolidator di Soloraya karena melihat banyaknya potensi ekspor, termasuk di masa pandemi.

"Kami upayakan konsolidasi di sini (Solo), supaya mereka bisa dimudahkan. Misalnya tidak bisa memenuhi satu kontainer, kami bantu untuk konsolidasi," katanya.

Pada tahap awal, ditargetkan pengiriman dari Soloraya sebanyak lima kontainer setiap minggu. Terkait hal itu, MSA Kargo aktif berkoordinasi ke pihak terkait, di antaranya Dinas Perdagangan serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

"Dari data UKM dan IKM yang melakukan ekspor sendiri, akan kami kunjungi untuk kemudian diarahkan. Dengan adanya MSA Kargo Solo, harapannya bisa mengurangi biaya logistik sekitar 20-25 persen," katanya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: