Unik, Warga Banyumas Bawa Tanaman Talas Ganyong untuk Ambil Bansos

Saladin Ayyubi ยท Senin, 02 Agustus 2021 - 05:41:00 WIB
Unik, Warga Banyumas Bawa Tanaman Talas Ganyong untuk Ambil Bansos
Warga membawa ganyong saat pengambilan bantuan sosial tunai di Balai Desa Lumbir Banyumas. (iNews/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id – Ada yang unik dalam pencairan bantuan sosial tunai (BST) Covid-19 dari Kementerian Sosial untuk warga di Desa Lumbir, Kabupaten Banyumas. Puluhan warga warga secara bergilir antre untuk mendapatkan uang sejumlah Rp600.000 yang dibayarkan untuk dua bulan. 

Uniknya, saat pengambilan BST tersebut, tiap warga yang menerima berduyun-duyun ke balai desa sambil membawa tanaman ganyong atau talas ganyong. Tidak hanya satu tanaman, namun ada warga yang membawa lebih dari satu. Tanaman talas ganyong ini mereka bawa dari kebun masing-masing karena di Desa Lumbir banyak dan mudah didapat tanaman ini.

Menurut salah satu penerima BST, Watini, dirinya dan para warga lain memang sengaja membawa pohon ganyong untuk dikumpulkan di balai desa agar ditanam di pinggir jalan oleh perangkat desa.  Karena Desa Lumbir dikenal dengan tanaman ganyongnya. “Bawa ganyong dari kebun untuk diserahkan ke balai desa,” katanya.

Sementara Kepala Desa Lumbir, Suwarjo, mengatakan beberapa bulan ini para warga sepakat untuk menyumbangkan pohon ganyong saat penerimaan bantuan sosial tunai. Saat ini bahkan telah terkumpul yang sudah ditanam sejumlah 2.000 pohon di sepanjang jalan raya Desa Lumbir.

“Pertama untuk melestarikan pohon ganyong, karena selama ini masyarakat sudah tak mengenal ganyong terutama anak-anak sekolah dasar,” kata Suwarjo.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: