Upacara di Atas Sungai Bengawan Solo, Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan

Septyantoro ยท Selasa, 17 Agustus 2021 - 13:26:00 WIB
Upacara di Atas Sungai Bengawan Solo, Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan
Para relawan dan mahasiswa saat mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di atas Sungai Bengawan Solo, Selasa (17/8/2021). Foto: iNews/Septyantoro.

SOLO, iNews.id - Sejumlah sukarelawan dan mahasiswa menggelar upacara HUT ke-76 RI di Sungai Bengawan Solo, Selasa (17/8/2021). Bendera merah putih berukuran raksasa dikibarkan di atas sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut. 

Upacara di Sungai Bengawan Solo, tepatnya dilakukan di Kampung Gulon, Kecamatan Jebres, Kota Solo. Meskipun digelar di atas sungai, upacara yang diikuti para sukarelawan, mahasiswa, dan masyarakat umum tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Para peserta menggunakan kano dan alat pengaman, seperti pelampung dan helm. Ketika bendera merah putih raksasa dikibarkan dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan, seluruh peserta memberi penghormatan. 

“Upacara dilakukan di atas Sungai Bengawan Solo karena sungai ini merupakan legenda,” kata Sabar Gorky, sukarelawan difabel yang juga menjadi pembina upacara. 

Dirinya berharap melalui upacara ini, masyarakat terus peduli terhadap Sungai Bengawan Solo. Kegiatan yang dilaksanakan sekaligus  kampanye bersih sungai. 

Selain memperingati HUT RI, upacara bendera di Sungai Bengawan Solo juga untuk menunjukkan keragaman dan kekayaan bangsa Indonesia. Semuanya berharap Indonesia semakin maju dan segera terbebas dari Covid-19. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: