Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Solo Sasar Pedagang Pasar Gede dan Klewer

Ary Wahyu Wibowo ยท Senin, 22 Februari 2021 - 15:00:00 WIB
Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Solo Sasar Pedagang Pasar Gede dan Klewer
Aktivitas warga di Pasar Gede Solo (Foto: iNews/Wahyu Endro)

SOLO, iNews.idPedagang Pasar Gede dan Pasar Klewer di Kota Solo giliran menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Pemkot setempat tengah mendata jumlah pedagang yang akan disuntik vaksin.

“Kami mendata pedagang di 44 pasar. Namun didahulukan untuk Pasar Gede dan Pasar Klewer dulu,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Heru Sunardi, Senin (22/2/2021).

Dirinya belum mengetahui apakah setelah pedagang Pasar Gede dan Pasar Klewer, vaksinasi berikutnya menyasar pedagang di seluruh pasar. Namun Dinas Perdagangan tetap menyiapkan datanya. 

Jumlah pedagang di 44 pasar, lanjutnya, mencapai 16.000 orang. Jumlah itu baru sebatas pedagang kios dan pelataran. Namun diakui, terdapat satu pedagang yang memiliki lebih dari satu kios dan los.

Sehingga lurah pasar diminta mendata kembali. Sayangnya, pendataan hanya menyasar pedagang. Bagi yang memiliki karyawan, mereka tidak masuk pendataan. 

”Pedagang juga yang harus beraktivitas di pasar. Kalau yang punya kios tidak beraktivitas di pasar tapi anaknya yang berjualan, ya yang divaksin anaknya,” ujar Heru. 

Dari 44 pasar yang didata, saat ini tinggal enam pasar yang belum memberikan laporan. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan, pedagang pasar tradisional dan lansia mendapat prioritas untuk divaksin. 

“Pertimbangannya karena pasar tradisional merupakan pusat keramaian. Instruksi Presiden mengatakan jika pedagang menjadi salah satu prioritas,” kata Siti Wahyuningsih. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo