Viral Pria Ini Putuskan Berhenti Jadi PNS Pemprov Jateng, Alasannya Bikin Terenyuh

Donald Karouw · Kamis, 05 Desember 2019 - 19:10 WIB
Viral Pria Ini Putuskan Berhenti Jadi PNS Pemprov Jateng, Alasannya Bikin Terenyuh
Mubarok, PNS di lingkungan Pemprov Jateng saat berpamitan dengan rekan kerjanya mundur sebagai PNS. (Foto: istimewa)

SEMARANG, iNews.id – Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) mungkin merupakan idaman bagi tiap orang. Tak heran, tiap digelar CPNS jumlah pelamarnya membeludak. Namun, Mubarok memilih jalan lain. Setelah mengabdi hampir 14,5 tahun di Pemprov Jateng, Mubarok memutuskan berhenti dari PNS.

Keputusan Mubarok itu diketahui dari postingan akun Instagram @kaligrafi_danishabby, Minggu (1/12/2019) dan viral di media sosial. Hingga, Kamis (5/12/2019) ini, postingan tersebut telah mendapatkan 1.050 komentar dan 7.094 likes.

Dalam postingannya, Mubarok diketahui sudah resmi berhenti jadi PNS di Pemprov Jateng per 1 Juli 2019. Dalam keterangan foto yang diunggahnya di Instagram, Mubarok terlihat memberikan sambutan dan menerima pelukan perpisahan dari rekan-rekan PNS.

Mubarok mengaku telah mengabdi selama 14,5 tahun. Dia memulai karier sebagai tenaga honorer keamanan kantor pada 2005. Lima tahun kemudian, Mubarok diangkat menjadi CPNS dan pada 2011 resmi menjadi PNS.

BACA JUGA:

CPNS 2019 Jateng Dijatah 1.409 Formasi, Ganjar: Masih Kurang Jauh dari Usulan Kami

Ingin Merdeka Berpikir, Said Didu Mundur dari PNS BPPT

"Akhir 2015 s/d Juni 2019 kemarin saya ditugaskan sbg staf di Bagian Keuangan. Mendapat tugas menyusun perencanaan anggaran dari staf biasa hingga menjadi ketua tim admin perencanaan anggaran," tulisnya.

Dipercaya menduduki ketua tim admin, Mubarok akhirnya menjadi tahu sistem perencanaan anggaran di pemerintahan. Namun, hal itu justru membuatnya gundah lantaran antara hati dan pikiran tidak sejalan. Ada perasaan takut akan dimintai pertanggung jawaban kelak.

"Dng sistem yg ada rasanya berat sekali tugas ini bisa dijalankan dng benar dan penuh amanah sesuai sumpah yg pernah diucap," tulisnya.

 

Dalam kegundahan itu, Mubarok akhirnya memilih untuk mundur total sebagai ASN. Bukan karena sok suci, tapi ketika nanti waktunya tiba, dia sendiri yang harus mempertanggungjawabkan apa yang dia perbuat, lihat, dengar, dan rasakan.

"Mohon doanya kepada semuanya semoga saya bisa menjadi manusia yg lebih baik dari keputusan yg saya ambil," katanya mengakhiri postingannya.

Unggahan Mubarok itu mendapat komentar beragam dari netizen. Sebagai besar mendukung keputusan Mubarok mundur dari PNS yang dinilainya sebagai posisi yang mapan.

Seperti disampaikan akun @imoek_ocu. “Masya Allah, Mundur dari pekerjaan yang posisinya sudah nyaman dari segi duniawi memang bener2 terasa berat. Godaan, Cemo'ohan dan bisikan Saytan laknatullah akan terus ada. Barakallahu fiik,” tulisnya.

Netizen lainnya @rios3r menulis, “Salut sama keputusanmu pak.. semoga allah selalu memberikan kesehatan, kebahagiaan dan rezeki yang berlimpah untuk mu pak. Amin,” katanya.

Namun, sikap berbeda diungkapkan @ika.almardhiyyah :@bayuahmad_ahonky kerjakan sesuai tupoksi. Kita tdk dimintai pertanggungjawaban atas kecurangan orang lain jika memang bukan dlm wewenang kita kan,” tulisnya.


Editor : Kastolani Marzuki