Wali Kota Semarang Minta Warga Tak Ributkan Perbedaan Awal Ramadan

Sindonews, Taufik Budi ยท Senin, 06 Mei 2019 - 08:37:00 WIB
Wali Kota Semarang Minta Warga Tak Ributkan Perbedaan Awal Ramadan
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melangsungkan doa bersama sebelum salat Tarawih. (Foto: Sindonews).

SEMARANG, iNews.id - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meminta masyarakat tak meributkan perbedaan penetapan awal puasa Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Hal terpenting yaitu sama-sama khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa.

Dia mengatakan, memang ada saja masyarakat dari organisasi atau komunitas tertentu yang memiliki sikap berbeda dengan Pemerintah yang telah menetapkan 1 Ramadan pada hari ini, Senin (6/4/2019).

"Memang pasti ada perbedaan mungkin ada ormas lain yang melaksanakan mulainya puasa Minggu kemarin. Tapi buat kami di pemerintahan, kami menetapkan dan mengumumkan kepada masyarakat bahwa Senin sudah masuk 1 Ramadan," ujar Hendrar kepada wartawan Balai Kota Semarang, Jateng.

Dia berharap tidak ada yang mempersoalkan perbedaan ditetapkannya 1 Ramadhan tersebut. Menurutnya, umat muslim di Kota Semarang tak perlu saling salah-menyalahkan penentuan awal puasa yang diterapkan sejumlah kelompok.

"Kita tidak usah mempermasalahkan perbedaan tersebut, yang penting waktunya Ramadan yo poso, ojo salah-salahan posone (yang penting adalah menjalan ibadah puasa, jangan saling salah menyalahkan) mulai kapan," ujar dia.

Di Kota Semarang, penetapan awal Ramadhan 1440 Hijriah dilakukan dengan penekanan tombol sirine di Masjid Agung Kauman oleh Wali Kota Hendrar Prihadi. Dia juga didampingi Ketua Yayasan Takmil Masjid Agung Kauman Kota Semarang Hanif Ismail, dan Ketua MUI Kota Semarang Ervan Subahar MA.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal