Waspada! Pantura Jateng Bakal Diterjang Banjir Rob Tinggi 13-16 Juni, Ini Wilayah Terdampak

Arif Budianto · Minggu, 12 Juni 2022 - 14:27:00 WIB
Waspada! Pantura Jateng Bakal Diterjang Banjir Rob Tinggi 13-16 Juni, Ini Wilayah Terdampak
Banjir rob di Kelurahan Pasirsari, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Foto: iNews/Suryono Sukarno.

BANDUNG, iNews.id – Sejumlah wilayah Pantura di Jawa Tengah (Jateng) berpotensi diterjang banjir rob pada rentang 13 -16 Juni 2022. Pada periode tersebut, kondisi pasang air laut diprediksi akan cukup tinggi. 

Wilayah Jateng yang bakal terdampak banjir rob tersebut yakni sebagian pesisir Tegal dan Brebes, sebagian besar pesisir Pekalongan seperti wilayah Pasirsari, Tirto, Kandang Panjang, Panjang Wetan dan Panjang Baru.

Kemudian sebagian besar pesisir Semarang seperti wilayah Bandarharjo, Tambaklorok, Tambakrejo Kemijen dan Gayamsari. Selain itu, sebagian besar pesisir Demak yang meliputi wilayah Sayung, Karang Tengah, Bonang dan Wedung dan sebagian dari pesisir Rembang,

Pada periode itu, jika dibandingkan dengan waktu lainnya untuk tahun 2022, kondisi di pekan depan adalah kondisi yang diprediksikan tertinggi di tahun ini. 

Melihat kondisi Pantura yang terus turun tanahnya, di satu sisi ada pasang tinggi dari air laut, yang dimungkinkan ditambah gelombang tinggi, maka tanggal 13-16 Juni 2022 adalah kondisi waspada banjir rob.

"Hal yang paling ditakutkan adalah terjadinya kembali tanggul yang jebol, sehingga kejadian banjir rob di tanggal 23 Mei 2022 akan terulang dan bahkan lebih buruk, " kata Kepala Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB Heri Andreas dalam keterangan resminya, Minggu (12/6/2022). 

Menurutnya, melihat potensi banjir rob akan sangat rawan dan harus diwaspadai hampir di sebagian besar wilayah pesisir Pantura. Menurut data-data hasil penelitian, banjir rob kemungkinan besar akan terjadi di puluhan wilayah. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: