Waspada Wabah PMK, Dinas Pertanian Cilacap Periksa Sapi di Peternakan Warga

Heri Susanto ยท Senin, 16 Mei 2022 - 17:44:00 WIB
Waspada Wabah PMK, Dinas Pertanian Cilacap Periksa Sapi di Peternakan Warga
Ilustrasi - Sapi yang dipelihara di peternakan warga. Foto: dok.

CILACAP, iNews.id - Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap dan petugas Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta memeriksa kesehatan sapi di peternakan warga. Pemeriksaan guna menjamin kondisi ternak bebas penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Lokasi yang didatangi antara lain sentra ternak sapi di Desa Panulisan Timur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. Petugas melakukan pemeriksaan secara langsung kondisi kesehatan ternak di kandang. 

Selain memeriksa kondisi fisik ternak, petugas juga memberikan suntikan vitamin, penyemprotan cairan disinfektan, serta mengambil sampel darah sapi. 

“Melalui pemeriksaan di kandang, kami dapat mengetahui kondisi kesehatan sapi secara langsung, serta melakukan pengobatan dengan cepat jika ada sapi yang sakit,” kata Kepala Dinas Pertanian Cilacap, Susilan, Senin (16/5/2022). 

Petugas Dinas Pertanian juga memberikan imbauan kepada pemilik ternak agar waspada terhadap penyebaran penyakit, terutama penyakit mulut dan kuku.

Pemeriksaan secara langsung kondisi ternak di kandang akan terus dilakukan. Pemilik ternak diharapkan mewaspadai gejala yang timbul pada hewan peliharaannya, utamanya penyakit mulut dan kuku yang tengah marak penyebarannya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: