Kunjungi Lokasi Kebakaran Kapal di Cilacap, Menteri Kelautan: Atasi 554 ABK Menganggur

Antara ยท Rabu, 11 Mei 2022 - 13:31:00 WIB
Kunjungi Lokasi Kebakaran Kapal di Cilacap, Menteri Kelautan: Atasi 554 ABK Menganggur
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono (dua dari kiri) meninjau kondisi Dermaga Batre, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (11/5/2022). Antara/HO-Humas Setda Cilacap

CILACAP, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi lokasi kebakaran puluhan kapal nelayan di Dermaga Batre, Kelurahan Tambakreja, Kabupaten Cilacap, Rabu (11/5/2022). Dia juga berdialog dengan perwakilan pemilik kapal yang terbakar pada Selasa (3/5) malam.

Menteri Trenggono mengaku sengaja datang untuk melihat kondisi pascakebakaran kapal. "Ada 54 kapal yang terbakar di antaranya di bawah 30 GT (Gross Tonage) dan di atas 30 GT. Tadi saya ketemu dengan dua orang pemilik (kapal), salah satunya dari sekian banyak pemilik, ini adalah suatu perhatian yang harus kita lakukan terutama di standar operasional prosedurnya di sini," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia meminta kepada kepala pelabuhan agar di kemudian hari tidak boleh ada perbaikan kapal di dermaga. Menurutnya, kapal yang akan diperbaiki harus benar-benar tidak ada bahan bakar dan harus dipisahkan dari kapal-kapal lainnya.

"Disiplin pemilik juga penting. Nah yang paling penting ini sudah kejadian, bagaimana mengatasi 554 ABK (Anak Buah Kapal) yang menganggur supaya bisa bekerja," katanya.

Dia mengatakan berdasarkan informasi pemilik kapal, waktu yang dibutuhkan untuk membangun satu unit kapal dengan jenis yang sama sekitar enam bulan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: