Kiper Timnas Indonesia Muhamad Riyandi. (Foto: Instagram/m.riyandi_1)
Dinda Maria

JAKARTA, iNews.id - Ada 10 julukan nyentrik pemain Indonesia. Salah satu pemain bahkan dipanggil dengan sebutan sang Menteri Pertahanan

Sebuah julukan memang sering disematkan untuk pesepak bola baik itu di dalam atau luar negeri. Julukan tersebut biasanya diberikan karena skill yang dimiliki atau fisik pemain bersangkutan.

Di Indonesia ada beberapa pemain dengan julukan yang sangat ikonik. Siapa saja mereka?

1. Asnawi Mangkualam Bahar dijuluki Benteng Rotterdam
Asnawi Mangkualam merupakan pemain muda asal Makassar yang sekarang bergabung dengan klub dari Korea Selatan, yaitu Ansan Greeners. Dikenal memiliki permainan yang ngotot dan kuat, membuat Asnawi dijuluki Benteng Rotterdam yang merupakan salah satu benteng yang terkenal di Makassar tempat kelahirannya. 

2. Egy Maulana Vikri Si Kelok 9
Nama gelandang Indonesia Egy Maulana Vikri melambung ketika dia menjadi top scorer di Piala AFF U-18 tahun 2017 dengan mengoleksi delapan gol. Kepandaian Egy dalam bermain sangat dikagumi oleh para pecinta sepak bola terutama di Indonesia. Teknik dan gocekan yang diperlihatkan Egy sangat lincah hingga membuat dia mendapat julukan Kelok 9. 

3. Muhammad Riyandi Sang Menteri Pertahanan
Muhammad Riyandi merupakan pemain muda Indonesia yang lahir pada 3 Januari 2000. Riyandi memulai kariernya di Timnas Indonesia pada tahun 2016 dengan bergabung dalam Timnas U-19

Dalam permainannya, Riyandi memiliki julukan sebagai Menteri Pertahanan. Dia diberikan julukan tersebut karena keterampilan menjadi seorang kiper.  Kiper pilihan dari pelatih Timnas U-19 pada saat itu, yaitu Indra Sjafri, kerap tampil gemilang di bawah mistar gawang. Bahkan penampilannya dalam menjaga gawang disebut mengingatkan pada sosok Tim Howard, kiper asal Amerika Serikat.

4. Budi Sudarsono dijuluki Ular Piton
Budi Sudarsono dipanggil Timnas pada tahun 2004 untuk bermain di kejuaraan Piala Asia. Budi yang dikenal mempunyai karakter permainan yang cepat dan dan sulit dihentikan ini diberikan julukan ular piton. Julukan ular piton yang diberikan untuk Budi Sudarsono dilandasi karena dalam permainannya dia merupakan salah satu pemain yang sulit ditangkap ketika sudah memegang bola.

5. Febri Hariyadi mempunyai julukan Bow
Awal mula Febri diberikan julukan Bow adalah disaat dia dan teman-temannya mengikuti trend dengan memanggil bro, Febri yang kesusahan melafalkan huruf 'R' karena cadel sehingga teman-temannya mendengar kata bro menjadi bow. Dan sejak saat itu Febri dikenal dengan julukan bow hingga sekarang. Febri sendiri dipilih menjadi pemain Timnas pada tahun 2017 yang bergabung dengan Timnas U-23. 

6. Ferdinand Sinaga dijuluki The Dragon
Ferdinand Sinaga bergabung dalam Timnas U-23 pada tahun 2009. Dia merupakan seorang penyerang yang sudah banyak memiliki pengalaman di dunia persepakbolaan Indonesia sejak tahun 2006. Ferdinand sudah banyak bergabung dengan beberapa klub sepak bola

Indonesia mulai dari Pelita Jaya, Semen Padang, Persib Bandung, Sriwijaya FC, hingga PSM Makassar. Saat Ferdinand bermain di PSM Makassar, dia mendapatkan julukan The Dragon.

Julukan tersebut diberikan langsung oleh pelatih asal Belanda, Robert Rene Alberts, karena kemampuan dan juga marga yang dimiliki oleh Ferdinand yaitu Sinaga. Sehingga Robert Rene Alberts memberikan julukan The Dragon.

7. Luthfi Kamal Baharsyah dijuluki Menteri Perhubungan
Luthfi Kamal merupakan salah satu pemain yang sangat mencuri perhatian disaat bermain untuk Timnas U-19 pada kejuaraan Piala AFF 2017. Lutfi mempunyai peran yang cukup penting di lini tengah skuad Garuda Muda. 

Dia bahkan memiliki julukan yang khas ketika bermain untuk Timnas. Dijuluki sebagai menteri perhubungan, Luthfi merupakan pemain yang sangat baik dalam membangun serangan dari belakang hingga ke depan. 

8. Kurniawan Dwi Yulianto dijuluki si Kurus 
Pemain yang memulai karier sepak bola dari dari tahun 1994 ini memiliki julukan si kurus karena fisik tubuhnya. Meski tampak kurus, kemampuan Dwi Yulianto dalam bermain bola sudah tidak diragukan lagi. Kurniawan juga merupakan pencetak gol terbanyak kedua di Timnas. Kurniawan tercatat sudah mencetak 31 gol selama dia bermain untuk Timnas sepak bola Indonesia. 

9. Atep Ahmad Rizal dijuluki Lord
Atep yang lahir pada 5 Juni 1985, memulai bermain sepak bola sejak kecil. Memiliki posisi sebagai gelandang, Atep mulai menjadi pemain Timnas dari tahun 2004 dengan bergabung menjadi Timnas Indonesia U-19. Selama menjadi pemain sepakbola, Atep dikenal dengan julukan Lord. 

Lord sendiri memiliki arti Tuan atau Raja. Julukan tersebut diberikan kepada Atep karena kemampuannya dalam mencetak gol. Selain itu julukan tersebut juga diberikan karena kepribadian yang dimiliki Atep. Pemain bola kelahiran 1985 ini dikenal sebagai panutan dari banyak pemain muda. 

10. Cristian Gonzales memiliki julukan El Loco
Pemain yang memiliki nama lengkap Cristian Gérard Alfaro Gonzáles ini mengawali kariernya dengan bermain bersama Álvaro Recoba di Uruguay U-20. Pada 3 November 2010, Gonzales secara resmi memegang paspor Indonesia dan resmi menjadi pemain naturalisasi pertama yang dipanggil ke tim nasional sepak bola Indonesia. 

Dalam perjalanan kariernya menjadi pesepak bola Indonesia, Gonzales memiliki julukan El loco. Julukan itu diberikan untuknya karena kemampuan dan ketajamannya dalam mengoyak gawang lawan. El loco dalam bahasa Indonesia memiliki arti 'Si Gila'.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT