Wisata air Klaten yang instagramable bisa jadi pilihan bagi yang ingin berlibur. (Foto: klatenkab.go.id).
Hanna Ratih Aninditya

KLATEN, iNews.id - Wisata air Klaten yang instagramable bisa jadi pilihan bagi yang ingin berlibur. Pengunjung bisa mendapatkan hasil foto yang ciamik di tempat wisata tersebut. 

Klaten merupakan daerah yang masih berbatasan dekat dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi yang ingin berlibur di Klaten bisa menjadi pilihan opsi menarik untuk dikunjungi.

Banyak sekali tempat wisata yang menarik di Klaten, salah satunya wisata air.

Berikut deretan tempat wisata air Klaten yang Instagramable:

1. Umbol Ponggok

Merupakan objek wisata yang bisa menjadi pilihan jika ingin merasakan sensasi snorkeling dan diving yang bukan di laut melainkan di mata air alami berbentuk kolam. 

Sensansi berada di kolam ini terasa cukup menyegarkan. Pengunjung bisa mengabadikan momen dengan foto ataupun video di bawah air membuat Umbul Ponggok menjadi tempat wisata air Klaten yang instagramable. 

Aktivitas unik dan menyenangkan ini bisa dilakukan di bawah air dengan menggunakan tema dan properti. Pengelola Umbul Ponggok juga menyediakan penyewaan kamera underwater lengkap dengan operatornya serta perlengkapan diving dan snorkeling.

Untuk harga tiket masuk Umbul Ponggok cukup terjangkau, yaitu Rp15.000 per orang.

2. Umbul Pelem

Sebenarnya sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Namun baru dibuka kembali pada 2018. 

Dahulu Umbel Pelem hanya kolam yang dikelilingi sawah. Saat ini Umbul Pelem sudah direnovasi menjadi kolam dengan airnya yang terasa menyegarkan. 

Sawah Cenil yang menjadi ciri khas dari umbul ini juga masih dipertahankan. Umbul Pelem menyediakan fasilitas yang lengkap sehingga membuat pengunjung akan merasa betah dan nyaman jika berkunjung ke sini.

Untuk harga tiketnya Rp5.000, parkir motor Rp.3000 dan mobil Rp5.000.

3. Umbul Manten

Memiliki suasana yang asri karena masih banyak memiliki pepohonan besar. Panorama di sekeliling umbul ini juga terdapat sawah yang semakin menambah asri suasana. 

Umbul manten mempunya air yang bisa dibilang sangat jernih hingga bebatuan di dasarnya terlihat. Selain itu juga memiliki cerita legenda pada zaman dahulu terdapat sepasang calon pengantin yang sedang di pingit selama 40 hari sebelum mereka menikah. 

Namun, sayangnya calon pasangan ini melanggarnya. Akhirnya kemalangan yang tidak dapat ditolak ketika sedang berjalan secara beriringan keduanya tenggelam di tempat berbeda. 

Konon pengantin laki-laki tenggelam di Umbul Pelem, sedangkan calon pengantin perempuan tenggelam di Umbul Manten. Jarak kedua umbul ini tidak terlalu jauh.

Untuk harga tiket masuk Umbul Manten, yaitu Rp6.000 per orang.

4. Umbul Siblarak

Merupakan salah satu tempat wisata air Klaten yang instagramable. Terdapat dua kolam pada umbul Siblarak, yaitu kolam anak-anak kedalaman 50 cm dan kolam renang dewasa dengan kedalaman 150 cm.

Umbul Siblarak merupakan umbul buatan yang airnya dialirkan dari Umbul Manten. Sehingga sensasinya menyegarkan sama seperti ketika sedang berenang di Umbul Manten.

Umbul Siblarak memiliki pemandangan yang sangat menawan dan memikat mata para pengunjung. Umbul ini berada di tengah kompleks persawahan sehingga membuat ketika berada di umbul ini serasa berada di Ubud, Bali.

Di sini juga terdapat Flying Byur yang hampir sama seperti flying fox akan tetapi mendarat di kolam. Untuk harga tiket masuk Wisata Umbul Siblarak sangat murah, hanya Rp5.000 per orang.

5. Umbul Sigedang-Kapialer

Merupakan mata air yang berada tidak jauh dari Umbul Ponggok. Pengunjung di tempat tersebut bisa merasakan suasana pedesaan yang khas dan sensasi berenang segar di mata air alami.

Umbul Sigedang berlokasi di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok. Sedangkan Umbul Kapilaler secara administratif masuk Desa Karanglo. Kedua umbul tersebut hanya dipisahkan satu ruas jalan.

Terdapat pohon beringin yang sudah tua dan rindang. Pohon beringin tersebut juga menjadi spot foto yang aesthetic. Airnya juga sangat jernih hingga dasarnya terlihat. 

Kemudian terdapat berbagai ikan air tawar yang besar. Umbul ini cocok menjadi wisata air di Klaten yang instagramable. Pengunjung bisa berfoto dibawah air ataupun foto dengan mode landscape.

Untuk harga tiket masuk ke Umbul Sigedang-Kapilaler sebesar Rp5.000 per orang. 

6. Umbul Besuki

Pada lokasi yang tidak terlalu jauh dengan Umbul Sigedang-Kapilaler terdapat Umbul Besuki yang berlokasi di Dukuh Kiringan, Desa Ponggok. Tempat wisata ini terbilang sedang mulai naik daun karena baru dibuka pada 2019.

Tidak berbeda jauh dengan umbul pada umumnya. Umbul Besuki memiliki kedalaman 16-170 cm. Tempatnya dikelilingi hutan jati Belanda dan terdapat sungai yang jauh dari keramaian masyarakat.

Meski secara resmi dibuka pada 2019, namun sebenarnya Umbul Besuki sudah ada sejak seratus tahun lalu. Kandungan dari mata air ini memiliki mineral yang seimbang dan menyegarkan.

Untuk harga tiket masuk ke Umbul Besuki hanya Rp3.000 per orang.

Itulah 6 wisata air Klaten yang instagramable. Apabila anda ingin berlibur dengan syarat tetap mendapatkan hasil dokumentasi yang aesthetic. 


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT