Dandim 0733/Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana memantau latihan pembinaan fisik bagi para santri calon Bintara dan Tamtama di Yonarhanud 15/DBY, Kamis (24/2/2022). (IST
Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id – Kodim 0733/Kota Semarang menggelar latihan pembinaan fisik bagi para santri calon Bintara dan Tamtama di Yonarhanud 15/DBY, Kamis (24/2/2022). Kegiatan dipimpin Dandim 0733/Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana.

Kegiatan di bawah naungan Kodam IV Diponegoro ini mendukung penuh kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dengan merekrut para santri untuk menjadi prajurit TNI

Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI jalur santri dan lintas agama dalam membantu para santri mencapai standar nilai kelulusan fisik yang ditentukan TNI. 

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Enjang mengatakan pembinaan tersebut merupakan wujud nyata Kodam IV/Diponegoro mendukung penuh kebijakan Kasad. Selain itu, hal tersebut dinilai juga dapat mempererat hubungan TNI dengan masyarakat.

“Ini kebijakan yang bagus, karena jika dari pesantren sudah dididik agama dan sudah pasti terjaga masalah akhlaknya. Untuk itu Kodam IV/Diponegoro akan mendukung penuh kebijakan tersebut dan akan siap membantu para santri dalam mewujudkan cita citanya,” kata Kapendam.

Dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di Kodim 0733/Kota Semarang saja, namun pembinaan fisik bagi para santri juga telah dilakukan di beberapa wilayah Kodam IV/Diponegoro, seperti Kodim 0707/Wonosobo dan Kodim 0720/Rembang yang dilakukan oleh Koramil 14/ Sarang. 

Sedangkan untuk sosialisasi rekrutmen TNI lintas agama, seluruh satuan jajaran teritorial Kodam IV/Diponegoro telah melakukannya di wilayah binaannya masing masing.

Sementara, Dandim 0733/Kota Semarang mengatakan tahapan pembinaan fisik tersebut meliputi lari, sit up, push up, pull up, lunges, shuttle run dan renang.

“Harapan kami para santri di wilayah Semarang yang mengikuti seleksi, agar bisa lebih siap sehingga mereka banyak yang lulus dan nantinya dapat berbakti  kepada bangsa dan negara melalui TNI AD,” katanya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT