Penampakan kondisi jembatan sasak Bengawan Solo yang putus. (Septyantoro)
Septyantoro

SOLO, iNews.id – Sejumlah orang nyaris hanyut saat melintasi jembatan sasak bambu di kawasan Mojo akibat diterjang arus Sungai Bengawan Solo. Jembatan ini menghubungkan kampung Ngepung Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo dengan Gadingan, Mojolaban Kabupaten Sukoharjo

Detik-detik orang nyaris hanyut tersebut terekam kamera warga. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Dalam video amatir yang beredar tersebut, peristiwa terjadi pada Rabu (19/10) sore pukul 15.00 WIB.

Dalam video tersebut  tampak awal derasnya arus Sungai Bengawan Solo menerjang jembatan sesek dari anyaman bambu hingga putus.

Selanjutnya belasan warga tampak terjatuh dan hanyut ke sungai saat melewati jembatan. Dalam video itu, sejumlah warga juga tampak berenang menggunakan ban pelampung.

Ternyata dalam video  tersebut merupakan anggota sukarelawan bencana alam dan pengelola jembatan di sisi barat dan timur sungai/ dan  tidak ada masyarakat yang melewati jembatan. Mereka hendak membersihkan sampah yang nyangkut di jembatan sesek.

Hingga Kamis (20/10) pagi,  jembatan sasak yang terbuat dari anyaman bambu tersebut masih terlihat putus dan belum dibenahi. Tampak juga sampah sampah yang nyangkut di jembatan tersebut.

“Sejak pagi jembatan masih bisa dilewati, namun putusnya jam berapa saya tidak tahu. Namun pengelola sudah menutup jembatan sejak pukul 15.00 WIB,” kata Abdul Latief, warga sekitar.

Dipastikan tidak ada korban jiwa saat jembatan sasak hanyut diterjang arus sungai. Informasi jembatan sasak hanyut dan menelan dua korban jiwa dipastikan tidak benar alias hoaks.
 


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT