Presiden Jokowi memberikan sambutan kepada para penerima bantuan sosial dan bantuan modal kerja bagi PKL, Bandung, Minggu (28/8/2022). (Foto: iNews.id/Fitri Rachmawati)
Raka Dwi Novianto

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget jalanan desanya di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah telah diperbaiki. Dia mengungkapkan saat ini jalan sudah bisa diakses kendaraan mobil.

"Saya dua minggu lalu datang ke desa saya, di Boyolali, saya kaget jalan yang sebelumnya tanah semuanya, saya bawa mobil gak bisa masuk ke desa, sekarang ini sudah bisa masuk ke tengah desa karena jalan telah diperbaiki," kata Jokowi dalam sambutannya pada acara Musra di Bandung, Minggu (28/8/2022).

Jokowi pun menjelaskan bahwa jalan-jalan produksi di desa-desa saat ini. relatif lebih baik dari sebelumnya. Karena pemerintah berkat penggunaan dana desa yang telah digelontorkan mencapai Rp468 triliun.

"Sehingga telah terbangun 227 ribu kilometer jalan produksi di desa-desa, 4500 embung yang ada di desa-desa 71 ribu unit irigasi yang juga telah terbangun di desa," katanya.

Jokowi menyebut bahwa masyarakat juga nampaknya tidak menyadari kinerjanya pemerintahannya yang setiap tahun berhasil membangun khususnya jalan-jalan di daerah hampir setiap tahun.

"Ini tidak kita sadari tetapi dalam 7 tahun ini secara rutin setiap tahun telah kita bangun sehingga perubahan itu benar-benar nyata," ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa dirinya berhasil membangun 29 bendungan besar. Dan pada akhir tahun nanti akan bertambah 9. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menargetkan pada 2024 nanti akan terbangun 61 bendungan besar yang tersebar diberbagai daerah.

"Sehingga apa yang dulunya panen sekali menjadi dua kali, yang dulunya panen dua kali menjadi tiga kali orang tidak merasakan tetapi hadirnya bendungan itu membuahkan hasil bahwa kita sudah swasembada sejak 2019," ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT