Petugas Imigrasi bersama Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Brebes saat melakukan operasi gabungan untuk mengetahui ada tidaknya pelanggaran keimigrasian. Foto: iNews/Yunibar
Yunibar

BREBES, iNews.id - Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang bersama Tim Pengawasan Orang Asing atau Tim Pora Kabupaten Brebes melakukan operasi gabungan. Operasi menyasar sejumlah perusahaan penanaman modal asing (PMA) di Kabupaten Brebes untuk mengetahui ada tidaknya pelanggaran keimigrasian.

Sebanyak 12 perusahaan PMA di Kabupaten Brebes menjadi sasaran pengawasan Tim Pora setempat, Kamis (8/9/2022). Dari hasil operasi tersebut, terdapat 139 warga asing yang tinggal dan bekerja di Brebes, dan 105 orang di antaranya berstatus tenaga kerja asing (TKA). 

Tim Pora melakukan razia ke sejumlah perusahaan PMA dari Korea Selatan di jalur Pantura Brebes. Berdasarkan data dari Tim Pora, TKA yang bekerja berstatus sebagai tenaga ahli. Sebagian besar berasal dari Taiwan serta Korea Selatan. 

“Kegiatan pengawasan orang asing untuk menyaksikan langsung dan pembaharuan data keimigrasian, maupun kegiatan yang dilakukan oleh warga asing selama tinggal dan bekerja di Indonesia,” kata Kasi Inteljen dan Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Non TPI Pemalang, Washono. 

Dari hasil operasi pengawasan orang asing, tidak didapati pelanggaran keimigrasian. Sementara, perusahaan PMA tersebut sebagian besar berinvestasi di bidang garmen dan produk sepatu untuk kebutuhan ekspor dengan serapan tenaga kerja mencapai puluhan ribu orang. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT