Kawasan Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar yang menjadi salah satu kota terdingin di Jawa Tengah. Foto: iNews.id/Ary Wahyu Wibowo
Fajar Hendra Jaya

JAKARTA, iNews.id - Kota terdingin di Jawa Tengah biasanya berada di daerah dataran tinggi maupun daerah yang memiliki wilayah pegunungan. Perubahan suhu yang drastis, membuat suatu wilayah yang biasanya dingin, menjadi tambah dingin. 

Berikut kota terdingin di Jawa Tengah yang dirangkum: 

1.Wonosobo

Kabupaten Wonosobo merupakan daerah di Jawa Tengah yang memiliki suhu dingin. Salah satu kota terdingin di Jawa Tengah ini berada di dataran tinggi dan memiliki udara yang sangat sejuk. Suhunya mencapai 18 derajat celsius dan suhu tertinggi di wilayah ini sekitar 25 derajat celsius.

Maka dari itu, suasana di sini cocok untukmu yang ingin bersantai sambil  menghirup udara segar. Udara yang begitu dingin dapat membuatmu tidak ingin beranjak dari tempat tidur. 

2. Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara merupakan wilayah berikutnya yang memiliki suhu dingin di Jawa Tengah. Untuk wilayah ini terletak di dataran tinggi Dieng yang sangat terkenal di Indonesia bahkan mancanegara.

Dataran Tinggi Dieng melintasi enam kabupaten di Jawa Tengah, salah satunya Kabupaten Banjarnegara. Wilayah ini pernah terjadi fenomena embun es. Menurut BMKG, fenomena ini terjadi karena adanya dua pusat tekanan rendah (LPA) di belahan bumi utara, yaitu pusat tekanan rendah 04w berada di Laut Cina Selatan, sebelah barat Filipina dan pusat tekanan rendah 98w berada di timur laut Filipina. 

Fenomena ini terjadi karena adanya suhu ekstrem di sana, kemudian diikuti gerak semu matahari, intrusi suhu dingin, dan laju penurunan suhu terhadap ketinggian, sehingga suhu berubah yang darinya dingin menjadi sangat dingin. Akibatnya terjadinya fenomena embun membeku.

3. Banyumas

Kota terdingin di Jawa Tengah berikutnya adalah Kabupaten Banyumas. Daerah ini memiliki suhu yang sejuk dan asri, dan cocok untuk yang ingin liburan tanpa diganggu suara bising dan polusi, sangat direkomendasikan ke Banyumas.

Ada salah satu tempat wisata di Banyumas yang cukup terkenal dan menjadi favorit warga dalam menghabiskan waktu liburannya, yakni kawasan wisata Baturaden. Baturaden merupakan kawasan wisata alam yang sangat bersih dan sejuk, dengan latar pemandangan Gunung Slamet yang membentang kokoh.

Belum lagi, wilayah ini yang dilewati oleh pegunungan, membuat wilayah ini semakin dingin. Apalagi saat musim kemarau, wilayah ini akan mengalami perubahan suhu yang cukup ekstrem dan menjadi semakin dingin. Kamu perlu menggunakan baju lengan panjang saat beraktivitas di luar rumah.

4. Semarang

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang padat dengan penduduk, baik itu warga lokal maupun pendatang. Meskipun demikian, kota ini memiliki suhu yang cukup dingin walaupun padat penduduk.

Karena wilayah Semarang berada di daerah yang tinggi, membuat wilayah ini menjadi sejuk. Bahkan suhu di wilayah ini mencapai 21 derajat celsius. Semarang akan menjadi lebih dingin jika memasuki musim kemarau, seperti beberapa wilayah di Jawa Tengah yang berada di wilayah dataran tinggi.

5. Karanganyar

Kota terdingin di Jawa Tengah selanjutnya adalah Kabupaten Karanganyar. Wilayah ini menjadi daerah yang cukup dingin karena berada di kaki Gunung Lawu. Suasananya masih terjaga dan asri membuat Karanganyar menjadi sejuk dan cocok untuk refreshing.

Lokasinya juga tidak jauh dari Kota Solo, dan menjadi salah satu destinasi masyarakat untuk berlibur. Banyak referensi yang bisa kamu jadikan untuk berlibur dengan nuansa sejuk dan asri. Salah satunya yang terkenal adalah kawasan wisata Tawangmangu.


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT