Ilustrasi - Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo). (Dok iNews/Ahmad Antoni)
Fajar Hendra Jaya

JAKARTA, iNews.id – 5 kota terkecil di Jawa Tengah memiliki luas yang tak begitu besar. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah 2022, luas kota terkecil di Jawa Tengah tidak sampai 100 kilometer persegi.

Meskipun begitu, kota-kota tersebut memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi dan mampu menyaingi kabupaten atau kota yang memiliki kawasan wilayah yang luas. Berikut daftar 5 kota terkecil di Jawa Tengah. 

1. Kota Magelang

Kota terkecil di Jawa Tengah yang pertama adalah Kota Magelang. Kota ini menjadi yang paling kecil di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang dijuluki sebagai kota 1.000 bunga, hanya memiliki luas sebesar 16.06 kilometer persegi. Untuk luasnya saja, tidak sampai 1 persen dari luas wilayah Provinsi Jawa Tengah, yakni hanya 0,10 persen saja. Kota ini memiliki jumlah penduduk sekitar 127.251 jiwa. Kepadatan penduduk tidak terlalu besar, yakni hanya menyentuh angka 7.919 jiwa per kilometer persegi. 

2. Kota Tegal

Kota terkecil di Jawa Tengah berikutnya adalah Kota Tegal. Kota Tegal merupakan kota terkecil kedua di Jawa Tengah setelah Kota Magelang. Kota Tegal hanya memiliki luas 39,68 kilometer persegi. Topografi wilayah ini merupakan dataran rendah dengan hulu sungai ke Laut Jawa, serta wilayah Kota Tegal banyak dibuka untuk ladang dan persawahan. Masyarakat daerah ini mata pencahariannya banyak sebagai seorang petani dan berladang. Jumlah penduduk kota Tegal sebanyak 287.959 jiwa, dengan kepadatan penduduk 7.257 jiwa per kilometer persegi. 

3. Kota Pekalongan

Kota Pekalongan merupakan kota terkecil ketiga yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini hanya memiliki luas 45,25 kilometer persegi. Jumlah penduduk Kota Pekalongan sebanyak 315.997 jiwa dengan kepadatan 6.983 jiwa per kilometer persegi. Untuk perekonomiannya, kota ini lumayan maju dibandingkan kota lain di Jawa Tengah. Kota Pekalongan memiliki sentra perbelanjaan dan sentra industri yang cukup maju, sehingga mampu memakmurkan masyarakatnya.

4. Kota Solo 

Kota terkecil di Jawa Tengah berikutnya adalah Kota Solo. Kota Solo merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal di Jawa Tengah dan memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Sebab banyak pendatang baru datang ke sini, seperti wisatawan hingga mahasiswa. Kota Solo hanya memiliki luas 46,01 kilometer persegi. Namun perekonomiannya cukup maju dan banyak destinasi wisata. Salah satunya Keraton Solo yang menjadi daya tarik wisatawan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berasal dari Kota Solo. 

5. Kota Salatiga

Kota terkecil di Jawa Tengah yang terakhir adalah Kota Salatiga dengan luas wilayah 57,4 kilometer persegi. Kota Salatiga menjadi salah satu kota yang paling luas di Jawa Tengah dari kota-kota sebelumnya yang hanya memiliki lahan di bawah 50 kilometer persegi.


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT