Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono memberikan pengarahan kepada Bintara Otsus Kodam IV Diponegoro. (Ist)
Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id - Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono beserta Bintara Otsus Kodam IV Diponegoro mengikuti video conference (vidcon) dengan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Vidcom berlangsung di Balai Diponegoro Watugong, Kamis (9/6/2022).

Kegiatan yang melibatkan 240 orang Bintara Otsus Kodam IV/Diponegoro tersebut juga diikuti oleh Bintara Otsus Kodam lainnya, seperti Kodam Jaya, Kodam III Siliwangi dan Kodam V Brawijaya.

Kepada seluruh Bintara Otsus, KSAD menekankan saat kembali ke Papua diharapkan mampu mengimplementasikan nilai-nilai positif yang telah didapatkan saat berdinas di Jawa. 

Baik dalam sikap, bekerja dan berinteraksi dengan masyarakat Papua harus selalu menjunjung tinggi Santi Aji.

“Sampaikan kepada mereka begitu harmonisnya penerimaan masyarakat Papua di Jawa, begitu dekatnya, tidak ada perbedaan satu sama lain, kemudian implementasikan Sapta Marga serta sumpah prajurit dan 8 Wajib TNI,” kata jenderal Dudung.

Usai Vidcon dengan KSAD, Pangdam memberikan pengarahan kepada seluruh Bintara Otsus Kodam IV/Diponegoro. Pangdam menekankan agar nantinya para prajurit saling guyub dengan masyarakat Papua, tanpa membeda bedakan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) sebab Papua adalah NKRI.

“Saya minta kalian yang ada di sini semuanya menjadi penyambung lidah yang bisa menyampaikan informasi yang bisa mencerahkan saudara-saudara kita,” kata Pangdam.

Selain itu apabila selama melaksanakan dinas nantinya terjadi kendala, mantan Danjen Kopassus itu menekankan agar permasalahan diselesaikan secara baik dengan komando atas. Sehingga ditemukan jalan keluarnya bersama.

Dengan kembalinya para Bintara Otsus ke daerah asal masing-masing, diharapkan nantinya dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat Papua.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT