Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono saat mengunjungi Markas Komando Yonkav 2/Turangga Ceta di Ambarawa. (Ist)
Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id - Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono mengunjungi Markas Komando Yonkav 2/Turangga Ceta di Ambarawa, Semarang, Rabu (20/7/2022). Kunjungan Pangdam guna memberikan pengarahan sekaligus motivasi sekaligus penekanan kepada seluruh prajurit.

Kunjungan tersebut merupakan agenda kerja Pangdam untuk pengecekan secara langsung kondisi personel maupun pangkalan. Sebelumnya Pangdam beserta rombongan disambut langsung oleh Danyonkav 2/TC Letkol Kav Maryoto beserta jajar kehormatan dan seluruh prajurit Yonkav 2/TC.

Di hadapan seluruh prajurit, Pangdam mengatakan bahwa Yonkav 2/TC merupakan salah satu satuan yang membanggakan Kodam IV Diponegoro, karena dapat selalu mengukir prestasi di tiap perlombaan tingkat Kodam maupun lainnya. Demikian satuan Banpur tersebut juga memiliki angka pelanggaran yang sedikit.

Pangdam menegaskan bahwa untuk menjadi seorang prajurit TNI tidaklah mudah dan terlahir karena niat yang kuat dan panggilan jiwa, untuk itu setiap tugas pokok harus dilakukan secara ikhlas, semata-mata untuk mengabdi kepada NKRI.

“Menjadi seorang tentara itu adalah panggilan hati, karena suka dan duka menjadi seorang tentara kamu yang merasakan sendiri bukan orang lain dan jangan karena terpaksa,” tegas Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, mantan Danjen Kopassus itu juga menekankan kepada seluruh prajurit agar lebih giat berlatih guna kematangan pelaksanaan tugas. 

Penekanan itu disampaikan agar seluruh prajurit lebih terlatih dan tangguh guna menghindari hal-hal yang dapat merugikan personel maupun materiil. Termasuk penerapan pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

“Siapkan latihan dengan baik agar kita siap dalam melaksanakan tugas, Jangan sampai kemampuan kita tidak dapat menyokong satuan besar ini. Jadilah prajurit yang profesional, yang andal dalam melaksanakan tugas, sekaligus sehat jasmani dan mahir dalam bela diri,” pintanya.

Selain itu, Pangdam meminta kepada seluruh prajurit maupun Persit Yonkav 2/TC untuk penggunaan media sosial agar lebih bijak lagi dan hanya untuk hal hal positif bahkan seperlunya saja. Termasuk jangan mudah termakan berita hoaks.

Selanjutnya kepada Danyon dan para Perwira Yonkav 2/TC, Pangdam berpesan agar lebih dekat sekaligus dapat berbaur dengan anggota tanpa membeda-bedakan, khususnya kepada prajurit yang memiliki masalah.

“Ajak semuanya saling berkomunikasi, buat suasana satuan yang enak di satuan dan yakinlah semua masalah pasti ada solusinya, jadi jangan ambil inisiatif yang dapat merugikan diri kita sendiri maupun orang lain,” ujar jenderal bintang dua ini.

Di akhir sambutannya, Pangdam menekankan agar seluruh prajurit Yonkav 2/TC menghindari pelanggaran sekecil apa pun, baik itu konflik dengan masyarakat maupun instansi lain. Termasuk menghindari judi maupun minuman keras. 

Hadir dalam kunjungan Pangdam tersebut, Irdam IV Diponegoro Brigjen TNI Mirza Agus, Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, Asrendam Kolonel Inf Wisnu Kurniawan, Para Asisten Kasdam, Kapendam Letkol Inf Bambang Hermato, Kapaldam Kolonel Cpl Dr. Budi Santoso serta Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Ade Pribadi Siregar.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT