Ilustrasi Vaksinasi (Foto: Reuters)
Ary Wahyu Wibowo

SUKOHARJO, iNews.id Pemkab Sukoharjo mulai menghitung jumlah desa dan kelurahan yang telah menuntaskan vaksinasi Covid-19. Capaian vaksinasi kabupaten ini telah melampaui target 70 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati mengatakan, Pemprov Jawa Tengah meminta daerah mengidentifikasi desa atau kelurahan yang telah menyelesaikan vaksinasi Covid-19. Hal ini untuk memetakan sebaran dan memastikan sasaran tidak tercecer. 

“Identifikasi juga bertujuan menyisir sasaran yang belum terlayani vaksinasi. Selesai yang dimaksud adalah menuntaskan jumlah sasaran sesuai terdata dalam pusat data Covid-19, yakni sasaran dengan rentang usai 12 tahun ke atas sampai dengan dosis 2,” kata Yunia Wahdiyati, Sabtu (13/11/2021). 

Permintaan Pemprov Jawa Tengah terkendala tidak adanya sistem pelaporan capaian vaksinasi. Pemerintah juga tidak memiliki aplikasi atau perangkat khusus untuk pencatatan capaian vaksinasi tingkat desa dan kecamatan. Secara umum untuk wilayah Sukoharjo, pemberian vaksinasi dosis 1 pada angka 76 persen, dan dosis 2 sebanyak 65 persen.

"Identifikasi ini melibatkan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) agar lebih teliti," katanya.

Namun diakuinya, saat ini intensitas vaksinasi memang untuk menyelesaikan dosis kedua, dan dosis satu sudah sangat berkurang. Vaksinator juga mulai bisa menjangkau pelayanan pada kelompok masyarakat yang sebelumnya menolak divaksin. 

Yunia menambahkan, desa atau kelurahan yang sudah tuntas vaksinasi masih harus mengetatkan protokol kesehatan. Pengawasan harus terus dilakukan perangkat terkecil, yakni pengurus kampung atau ketua RT. 

Pemakaian masker, penyediaan tempat cuci tangan di setiap rumah, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Sambil menunggu instruksi pemberian vaksin pada anak anak usai 6-12 tahun.

"Lanjutan program vaksinasi lanjutan harus menunggu instruksi pemerintah,” ucapnya. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT