Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Al-Qudusy. (foto Dok)
Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id Polda Jateng menerjunkan ribuan personel untuk pengamanan perayaan Paskah tahun 2022. Ribuan personel pengamanan berasal dari berbagai fungsi Kepolisian.

Setiap satuan wilayah diperintahkan untuk all out dan tidak lengah sehingga potensi kerawanan dapat diminimalisir.

"Pengamanan Paskah akan dilaksanakan secara maksimal oleh masing-masing Polres atau satuan wilayah. Personel dari Brimob juga diterjunkan untuk proses sterilisasi lokasi ibadah dan sebagainya," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Rabu (13/4/2022).

Diperkirakan, sekitar 3.500 gereja Kristen dan Katolik di Jateng akan melaksanakan kegiatan perayaan Paskah. Sedangkan personel Polri Polda Jateng yang dilibatkan untuk pengamanan berjumlah 24.000.

"Pelibatan personel dalam tugas pengamanan Paskah disesuaikan dengan kebutuhan dan perkiraan kerawanan di tiap wilayah kota/kabupaten," katanya.

Kombes Iqbal mengatakan, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi juga sudah memerintahkan jajaran untuk berkoordinasi dengan TNI dan Pemda setempat, serta meminta pengurus gereja untuk membentuk keamanan secara internal.

Pengamanan dari pihak gereja amat membantu untuk menyaring dan mengenali jemaah yang akan mengikuti ibadah di masing-masing gereja.

"Kita berdayakan semua potensi dari unsur aparat, gereja serta masyarakat untuk membantu agar pengamanan Paskah berjalan maksimal," katanya.

Terkait strategi pengamanan, kata dia, kepolisian sudah menyiapkan langkah agar tidak kecolongan. "Tiap gereja yang mengadakan misa akan dijaga personil Polri baik terbuka maupun tertutup. Personel juga dilengkapi senjata api. Adapun aplikasinya di lapangan akan disesuaikan sesuai tingkat kerawanan, lokasi, jumlah jemaat gereja dan sebagainya," ujarnya.

Sebelum pelaksanaan ibadah, Polri akan melakukan sterilisasi gereja dan memastikan tidak ada benda mencurigakan dan hal lain yang membahayakan.

"Pada tempat seperti katedral dan gereja besar, sterilisasi dilakukan oleh tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Satuan Brimob dan Unit K-9. Personil juga ada yang ditempatkan di lokasi selama 1x24 jam," sebutnya.

"Pengamanan dilaksanakan maksimal namun proporsional. Kita all out namun juga memperhatikan kenyamanan warga yang beribadah,” kata Iqbal.

“Semoga perayaan Paskah di Jateng berjalan aman dan tanpa gangguan. Polri sebagai representasi negara akan hadir mengamankan secara maksimal, tentu saja dengan berkoordinasi dengan unsur TNI dan pemerintah daerah, serta didukung seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT