Poster tahapan pilkades di salah satu desa di Kabupaten Kudus. Foto: ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif
Antara

KUDUS, iNews.id – Sejumlah desa di Kabupaten Kudus bakal menyelenggarakan pemilihan kepala desa (pilkades). Pemkab setempat mempersilakan masyarakat memanfaatkan kesempatan memberikan masukan atas kelengkapan administrasi bakal calon kepala desa yang bertarung di pilkades.

"Kesempatan memberikan masukan atau keberatan dibatasi mulai 1-7 Maret 2022. Jangan sampai lewat waktunya baru memberikan masukan atau keberatan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus, Adi Sadhono Murwanto, Jumat (25/2/2022).  

Dijadwalkan pada tanggal 14 Maret 2022 penetapan bakal calon menjadi calon kepala desa. Masyarakat diharapkan memanfaatkan kesempatan tersebut, sehingga pada pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman. 

Apalagi, masa pendaftaran bakal calon kepala desa di tujuh desa yang menyelenggarakan pilkades sudah berakhir sejak 11 Februari 2022. Dari ketujuh desa, tidak ada yang mengulang pendaftaran karena mayoritas sudah memenuhi dengan jumlah pendaftar paling sedikit tiga orang dan paling banyak tujuh orang.

Adapun ketujuh desa yang melaksanakan pilkades, yakni Desa Hadiwarno dan Desa Mejobo (Kecamatan Mejobo), Desa Kaliputu dan Desa Langgar Dalem (Kecamatan Kota), Desa Loram Kulon (Kecamatan Jati), Desa Ternadi (Kecamatan Dawe), dan Desa Undaan Lor (Kecamatan Undaan).

Sementara itu, panitia pendaftaran pemilih (pantarlih) juga sudah selesai menyusun daftar pemilih. Pada saat ini, merupakan masa pengumuman daftar pemilih tambahan hingga 25 Februari 2022.

Adapun penetapan daftar pemilih sementara (DPS) menjadi daftar pemilih tetap (DPT) dijadwalkan tanggal 15 Maret 2022. DPT akan diumumkan kepada masyarakat mulai 15 hingga 17 Maret 2022.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan pilkades di tujuh desa, Pemkab Kudus memberikan bantuan keuangan sebesar Rp475 juta. Alokasi anggaran untuk masing-masing desa disesuaikan dengan warganya yang memiliki hak pilih saat pilkades mendatang.


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT