Tim TRC yang dibentuk Polres Sukoharjo. Foto: Ist.
Ary Wahyu Wibowo

SUKOHARJO, iNews.id - Polres Sukoharjo membentuk tim reaksi cepat (TRC) guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tim yang terdiri atas 30 personel pilihan, siaga merespons layanan call center 110.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, 30 personel TRC menggunakan 15 kendaraan operasional. Jumlah tim disebar untuk 12 polsek dan sisanya ditempatkan di Mapolres Sukoharjo. Tim ini akan memberikan reaksi cepat setiap laporan warga melalui saluran telepon khusus milik polisi. 

Warga yang mengalami kejadian kriminalitas, bencana alam, bencana sosial atau gangguan ketertiban dan keamanan lainnya, bisa menghubungi call center. TRC dipastikan siaga 24 jam memberikan layanan yang maksimal. 

"Warga hanya perlu memencet 110 akan langsung terhubung dengan layanan kepolisian," kata Wahyu Nugroho Setyawan, Senin (1/11/2021). 

Kapolres menyebut, kendaraan operasional yang digunakan adalah jenis trail. Spesifikasinya memungkinkan petugas menjangkau gang-gang sempit permukiman warga saat berpatroli menjaga keamanan masyarakat. 

Personel TRC masih mungkin ditambah dengan pertimbangan kebutuhan dan ketersediaan sarana prasarana. Namun, tim yang sudah terbentuk saat ini yang masih akan terus dioptimalkan oleh kepolisian. 

Dia menegaskan, pemilihan personel TRC melalui seleksi ketat anggota Polres Sukoharjo. Tentunya yang memiliki kemampuan, integritas, loyalitas dan secara fisik memenuhi kriteria. Tujuannya, personel bisa memberikan respons cepat setiap panggilan darurat yang masuk melalui saluran 110. 

Polres Sukoharjo telah memasang pamflet sosialisasi kepada masyarakat guna mengefektifkan layanan TRC di selurun sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) di seluruh polsek hingga polres. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT