Para suster menyapa ibu-ibu muslim dan mengantarkannya ke lokasi salat Idul Adha di kawasan Menara Pandang Teratai Purwokerto. (iNews.id)
Tim iNews.id

PURWOKERTO, iNews.id – Keindahan toleransi beragama terekam di kawasan Menara Pandang Teratai Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (10/7/2022). Sejumlah suster yang beragama Katolik mengantarkan ibu-ibu muslim mencari lokasi untuk salat Idul Adha.

Para suster sengaja datang ke lokasi setempat sebagai bagian dari toleransi nyata yang mereka lakukan. Para suster sejak pagi sudah berada di lokasi untuk memberikan arahan lokasi bagi ibu-ibu muslim yang akan mengikuti salat Id.

Koordinator Paguyuban Lintas Agama Iman Purwokerto Agustinus Gudyana mengatakan bahwa yang datang ke lokasi bukan hanya dari Katolik saja, melainkan juga dari Kristen, Konghucu, Buddha dan Kepercayaan. 

“Ini merupakan bentuk nyata toleransi yang kami lakukan untuk saudara-saudara kami Muslim,”katanya dikutip dari iNewsPurwokerto.id.

Agustinus mengatakan, sebetulnya kegiatan tersebut sudah bertahun-tahun dilakukan. “Ini merupakan bentuk terima kasih kami juga. Sebab, di setiap perayaan hari besar agama lain, saudara-saudara yang beragama Islam juga ikut menjaga dan mengatur. Karena itulah, pada saat Idul Adha, kami juga datang ke sini untuk ikut menjaga dan mengatur,” katanya.

Untuk Idul Adha kali ini, warga non-muslim yang bertugas dipusatkan di Menara Pandang Teratai Purwokerto. “Karena untuk salat Idul Adha dipusatkan di Menara Pandang Teratai, jadi seluruh teman-teman lintas iman kami bawa ke sini,” ujarnya.

Menurutnya, tidak hanya ketika Idul Adha saja, pada Idul Fitri beberapa waktu lalu, pihaknya juga ikut menjaga dan mengatur lokasi dan parkir di 15 titik.

“Hal tersebut merupakan wujud gotong royong dan kebersamaan serta toleransi kami,” katanya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT