Gubernur Ganjar Pranowo melihat karya foto yang dipamerkan di Gedung Oudetrap Kota Lama Semarang. (Ist)
Antara, Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id – Ratusan foto bertema objek wisata di Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur dipamerkan dalam pameran Jawimajinasi. Pameran digelar di kawasan Kota Lama Semarang pada 27 September hingga 2 Oktober 2022.

Kurator Jawimajinasi Ismar Patrizki mengatakan sekitar 300 karya hasil jepretan 17 pewarta foto dipamerkan pada kegiatan tersebut. "Ada 214 foto yang dicuplik dari 57 foto cerita disajikan dalam Jawimajinasi," katanya di Gedung Oudetrap, Kota Lama Semarang, Selasa (27/9/2022) malam.

Dia mengatakan, foto yang dipamerkan merupakan kumpulan situasi, kondisi terkini, dan kultur tradisi Jawa yang lestari.

Display pameran yang diinisiasi oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) ini, lanjut dia, mengusung konsep luar dan dalam ruang. Selain di Gedung Oudetrap, foto juga dipamerkan di sekitar Taman Srigunting serta Rumah Akar.

Sementara, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo selalu memiliki imajinasi yang melebihi ekspektasi banyak orang. Bayangkan saja, dari melihat pameran fotografi bertajuk Jawimajinasi yang digelar oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) bekerja sama dengan BOB, Ganjar memiliki ide beberapa karya foto yang dipamerkan untuk dibuat baju secara eksklusif.

"Biasanya yang ditampilkan foto dicetak biasa saja dan ditempel. Hari ini ada medianya yang cukup bagus, kain. Terbayangkan oleh saya tadi cukup ekslusif. Coba kalau itu dibuat baju akan lebih menarik lagi," ujar Ganjar.

Menurutnya, jika hal itu bisa direalisasikan kemudian semua mau order dan diizinkan oleh pemilik fotonya maka akan menjadi sangat ekslusif. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan banyak orang mencetak fotonya pada kain dan dijadikan baju.

"Bukan tidak mungkin lho nanti orang difoto dengan berbagai latar tempat pariwisata dan dibuat baju secara ekslusif, pasti mahal. Ini menarik dan bisa juga menjadi media promosi pariwisata," ujarnya.

Hal kedua yang menarik Ganjar dalam pameran foto itu adalah karya yang dicetak dalam media akrilik dan berdimensi. Itu menurut Ganjar memberikan nuansa berbeda dalam menikmati karya fotografi.

Dirut Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita, mengatakan karya fotografi itu diabadikan oleh 17 pewarta foto di 14 kabupaten yang berada di wilayah BOB. 

Total karya foto yang dihasilkan selama empat bulan ada sekitar 12.000 karya. Dari ribuan karya itu kemudian dikurasi menjadi 400 karya yang kemudian dibukukan dengan judul Jawimajinasi.

"Nah ini sekarang baru 14 kabupaten, di mana total ada 12 ribu hasil foto, dikurasi menjadi 400 untuk masuk di dalam buku itu. Semua bisa diunduh melalui scan barcode untuk bisa dilihat,” kata Indah.

“Ini akan menjadi materi promosi untuk kabupaten tersebut, khususnya untuk Jawa Tengah. Ini nanti hasilnya diserahkan kepada kabupaten sebagai materi pemasaran bersama," katanya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT