16 Warga Brebes Positif Corona, Ganjar Pranowo Bentuk Tim Khusus Kejar Klaster Gowa

Taufik Budi ยท Kamis, 07 Mei 2020 - 00:21 WIB
16 Warga Brebes Positif Corona, Ganjar Pranowo Bentuk Tim Khusus Kejar Klaster Gowa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengenang sosok maestro campursari Didi Kempit. (Foto: Dok.Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNews.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan membentuk tim khusus untuk mencari alumni jemaah tablig akbar ijtima ulama dunia di Gowa Sulsel asal Jateng. Langkah itu menyusul banyaknya alumni tablig akbar atau klaster Gowa yang positif terinfeksi corona.

Ganjar juga akan bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Termasuk kami memanfaatkan program Jogo Tonggo untuk bisa membantu memberikan informasi apakah di desanya masing-masing ada orang-orang itu," kata Ganjar, Rabu (6/5/2020).

Ganjar memberikan perhatian serius kepada kasus penyebaran Covid-19 klaster Gowa. Dia meminta seluruh bupati dan wali kota untuk melakukan pendataan lebih rinci terhadap orang-orang yang sempat terlibat dengan Ijtima Ulama di Gowa.

"Saya meminta bupati/wali kota dan khususnya Dinas Kesehatan masing-masing daerah untuk mencari, mengejar sampai dapat mereka-mereka yang kemarin ikut Ijtima Ulama Gowa. Cari betul-betul, agar bisa dicek kesehatannya," katanya.

Dari data sementara, terdapat sekira 1.500 warga Jateng yang mengikuti Ijtima Ulama di Gowa. Meski acara dibatalkan, namun mereka sudah terlanjur sampai di lokasi dan berinteraksi dengan sesama peserta.

"Itu (1.500 orang) akan kami cari satu per satu termasuk tracking kontak selama ini. Saya mohon kepada siapa pun panjenengan yang kemarin ikut ke Gowa, tolong bantu kami dengan lapor dan mengarantina diri. Sebab kalau tidak, ini bisa menjadi outbreaks baru di Jateng," ujarnya.


Diketahui, sebanyak 16 orang di Brebes Jawa Tengah, yang tercatat sebagai alumi Ijtima Ulama Gowa, dinyatakan positif Covid-19. Dengan kasus tersebut, maka Brebes kini menjadi menjadi zona merah penyebaran Covid-19.


Editor : Kastolani Marzuki