2 Kelurahan di Kota Semarang Ini Jadi Pilot Project Penanganan Stunting

Ahmad Antoni · Selasa, 09 November 2021 - 09:23:00 WIB
 2 Kelurahan di Kota Semarang Ini Jadi Pilot Project Penanganan Stunting
Kick off penanganan stunting dan penandatanganan komitmen kelurahan ramah perempuan dan peduli anak dilakukan di Kelurahan Tanjungmas, Semarang. (foto: IST)

SEMARANG, iNews.id - Dua kelurahan di Kota Semarang menjadi pilot project penanganan stunting sekaligus kelurahan ramah perempuan dan peduli anak. Dua kelurahan yakni Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, dan Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur.

Kick off penanganan stunting dan penandatanganan komitmen kelurahan ramah perempuan dan peduli anak dilakukan di  Kelurahan Tanjungmas, Senin (8/11/2021).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga; Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo; Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, serta jaran Forkopimda dan Pemerintah Kota Semarang turut hadir dalam penandatanganan komitmen tersebut.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mengatakan, pembentukan kelurahan ramah perempuan dan peduli anak merupakan yang pertama. Selama ini, pihaknya fokus membuat model desa ramah perempuan dan peduli anak. Khusus kelurahan, Kementrian PPPA memulai percontohan di Kota Semarang.

Pihaknya akan memberikan pendampingan berkaitan dengan persoalan yang ada di kelurahan tersbut. Misalnya, di Tanjungmas, pendampingan yang akan dilakukan antara lain berkaitan dengan perkawinan anak karena jumlah perkawinan anak cukup tinggi. Selain itu, pendampingan persoalan stunting dan pemberdayaan perempuan.

"Ini kami dampingi. Kami ada fasilitator daerah, pendampingam tingkat daetah, dan pendamping tingkat kelurahan," kata Bintang.

Bersama dengan BKKBN,  kata dia, akan dibentuk pula dapur sehat untuk menangani persoalan pemenuhan gizi anak. Bintang menyampaikan, dapur sehat ini juga menjadi pilot project dalam rangka menggalakkan pengolahan pangan lokal untuk pemenuhan gizi anak sehingga persoalan stunting dapat.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: