3 Keutamaan Orang yang Membersihkan Masjid

Kastolani · Jumat, 22 Mei 2020 - 09:16 WIB
3 Keutamaan Orang yang Membersihkan Masjid
Masjid Agung Al Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Jelang Hari Raya Idul Fitri, Muslim biasanya melakukan bersih-bersih tempat ibadah baik masjid maupun musala. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19 ini, membersihkan masjid dari kotoran juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaah.

Pahala yang diberikan oleh Allah SWT bagi orang yang suka membersihkan dan menjaga kebersihan masjid juga sangat dahsyat. Dikutip dari nu.chanels, ada tiga keutamaan menjaga kebersihan masjid, sebagaimana berikut.

1. Dosanya diampuni oleh Allah.

Orang yang menjaga kebersihan masjid, meskipun hanya dengan membuang kotoran sebesar biji sawi, maka dosanya akan diampuni oleh Allah. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis yang ditulis oleh Imam Suyuthi dalam kitab Lubabul Hadis berikut;

مَنْ أَخْرَجَ قَذَرَةً مِنَ الْمَسْجِدِ بِقَدْرِ مَا يَدُوْرُ فِى الْعَيْنِ أَخْرَجَهُ اللهُ تَعَالَى مِنْ أعْظَمِ ذُنُوْبِهِ

Siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid dengan seukuran yang dapat dipandang oleh mata, maka Allah akan mengeluarkannya dari dosa-dosa yang besar dari dirinya.

2. Dibangunkan satu rumah dan tempat di surga

Dalam sebuah hadis yang disebutkan oleh Imam Suyuthi dalam kitab Lubabul Hadis, dari Sa’id Al-Khudri, dia berkata bahwa Nabi Saw bersbda;

مَنْ أَخْرَجَ أَذًى مِنَ الْمَسْجِدِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

Siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid, maka Allah akan membangun rumah untuknya di dalam surga.

3. Mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Nabi Saw.

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim;

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ -فِي قِصَّةِ الْمَرْأَةِ الَّتِي كَانَتْ تَقُمُّ الْمَسْجِدَ- قَال: فَسَأَلَ عَنْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا: مَاتَتْ فَقَالَ:أَفَلاَ كُنْتُمْ آذَنْتُمُونِي فَكَأَنَّهُمْ صَغَّرُوا أَمْرَهَا. فَقَالَ:دُلُّونِي عَلَى قَبْرِهَا فَدَلُّوهُ فَصَلَّى عَلَيْهَا.

Dari Abu Hurairah, mengenai kisah seorang perempuan yang biasa mengurus kebersihan masjid, dia berkata; Kemudian Nabi Saw bertanya tentang perempuan tersebut. Sahabat menjawab, ‘Ia telah wafat.’ Kemudian Nabi Saw berkata, ‘Kenapa kalian tidak memberitahukan kepadaku? Seakan-akan para sahabat meremehkan kedudukan perempuan tersebut. Kemudian Nabi Saw berkata, ‘Mari kalian tunjukkan kepadaku kuburan perempuan itu. Lalu Nabi Saw menyalati perempuan tersebut.

Wallahu A'lam Bishowab


Editor : Kastolani Marzuki