4 Tarian Daerah di Pemalang Jawa Tengah Ini Layak Dilestarikan Anak Bangsa

Khila Rahma Wardani ยท Kamis, 04 November 2021 - 11:05:00 WIB
4 Tarian Daerah di Pemalang Jawa Tengah Ini Layak Dilestarikan Anak Bangsa
4 tarian daerah di Pemalang Jawa Tengah ini harus diperkenalkan kepada anak bangsa. Salah satunya tari Silakupang ini. (Foto: Instagram/sanggartari_srimpi)

PEMALANG, iNews.id – 4 tarian daerah di Pemalang Jawa Tengah ini harus diperkenalkan kepada anak bangsa agar tidak tergerus zaman. Tarian yang hidup di lingkungan masyarakat memiliki latar belakang yang berbeda sesuai dengan letak geografisnya. 

Maka, tak jarang ada beberapa tarian daerah yang hampir mirip satu sama lain. Kabupaten yang identik dengan bahasa ngapaknya ini mempunyai tarian daerah yang tak kalah menarik diiring oleh gending-gending Jawa. 

Tarian daerah di Pemalang banyak sekali menyimpan pesan makna mendalam yang patut untuk diteladani. Bahkan ada beberapa tarian yang mampu memperoleh penghargaan dan mendapatkan kejuaraan di berbagai ajang nasional.

Berikut daftar 4 tarian daerah di Pemalang Jawa Tengah yang patut dilestarikan oleh anak bangsa, dirangkum Jum’at (22/10/2021):

1. Tari Selendang Pemalang
Salah satu tarian daerah yang pernah ditampilkan oleh 100 penari dalam pembukaan acara Pesta Rakyat Pemalang tahun 2016. Tarian ini telah diresmikan sebagai tarian khas asal Pemalang oleh Junaedi selaku Bupati Pemalang pada tanggal 17 September 2012.

Tarian yang diciptakan oleh seniman bernama Drs. Ki Kustoro mendapatkan inspirasi dari sejarah awal mula terbentuknya Kabupaten Pemalang. Busana yang dikenakan oleh penari sangat sederhana ditambah dengan aksesoris bunga melati di sanggul. 

Keunikan dari tarian rakyat Pemalang ini terletak pada selendang yang menjadi ciri khasnya yaitu ujung selendang ditali dengan maksud supaya warga Pemalang bisa menyimpan rahasia dengan baik.  Tari Selendang Pemalang bisa dibawakan dalam berbagai acara seperti sambutan tamu, acara pernikahan dan lain-lain

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: