5 Objek Wisata di Wonosobo Ini Tak Kalah Keren dari Dieng

Kristadi ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 06:00 WIB
5 Objek Wisata di Wonosobo Ini Tak Kalah Keren dari Dieng
Ilustrasi tempat wisata Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

JAKARTA, iNews.id - Terkenal dengan objek wisata dataran tinggi Dieng, Wonosobo masih menyimpan tempat asik untuk jadi tempat liburan. Dikelilingi pegunungan, mulai dari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Wonosobo juga memiliki objek wisata seperti waduk.

Pemandangan di deretan wisata ini tak kalah keren dengan Dieng. Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda saat mengunjungi lokasi wisata tersebut.

Berikut lokasi wisata alam di Wonosobo, yang sudah dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.

1. Waduk Wadaslintang

Tiket masuk waduk ini dipatok Rp4.000. Anda bisa mengelili waduk seluas sekitar 2.626 hektare. Terletak di tengah-tengah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, membuat pemandangan di sekitar waduk sangat eksotis.

Selain itu, suasana di waduk ini masih alami dengan udara yang sejuk. Keindahannya akan terlihat lebih mengagumkan saat matahari mengenai gunung, baik pagi maupun sore hari.

BACA JUGA: Teror Pelemparan Batu ke Mobil di Jalan Pantura Kendal Resahkan Sopir Truk

2. Curug Sikarim

Curug Sikarim merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Garung, Wonosobo. Anda cukup mengeluarkan Rp6.000 untuk masuk. Selain menawarkan pesona keindahan alam, air terjun ini juga menciptakan suara yang enak didengar.

Saat pengunjung sampai lokasi Curug Sikarim, langsung disambut pemandangan air yang mengalir deras menyusuri tebing batu. Aliran air tersebut terbagi menjadi dua jalur aliran.

3. Lubang Sewu

Tiket masuk tempat wisata ini Rp10.000. Lubang Sewu berada di pinggiran Waduk Wadaslintang. Saat musim kemarau terlihat bongkahan batu-batu putih dengan banyak sekali lubang di permukaannya.

Batu-batuan alam yang berwarna putih itu, menjadikan Lubang Sewu dijuluki Grand Canyon mini ala Wonosobo.

BACA JUGA: Ganjar Bolehkan Warga Bangun Kerajaan, tapi dengan Syarat

4. Curug Winong Kaliwiro

Curug Winong Kaliwiro sebenarnya sudah diketahui masyarakat sejak lama, namun keberadaannya baru terkuak sekarang lantaran banyak pengunjung luar memposting lokasi ini di media sosial. Jangan lupa, tiket masuknya hanya Rp3.000.

Curug Winong memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dan memiliki tebing unik. Bebatuan besar di sekitar curug menjadi salah satu keunikan dari curug ini.

BACA JUGA: Tak Hanya di Klaten, Keraton Agung Sejagat Punya Cabang di Soloraya dan Wonogiri

5. Telaga Menjer

Lokasi wisata ini berupa danau terluas yang berada di kaki pegunungan atau dataran tinggi Dieng. Danau yang terbentuk secara alami ini, resmi dibuka menjadi objek wisata dan dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Karena berada di ketinggian, suhu di Telaga Menjer cukup sejuk dengan rata-rata 22-27 derajat Celsius. Banyak orang berpendapat Telaga Menjer hampir sama dengan Danau Bedugul di Bali yang memiliki nuansa alam tenang dan asri. Tiket masuk lokasi ini Rp5.000


Editor : Nani Suherni