6 Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Jenis Langka Cuma Ada di 2 Negara

Faqihah Husnul Khatimah ยท Senin, 12 September 2022 - 18:01:00 WIB
6 Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Jenis Langka Cuma Ada di 2 Negara
Ilustrasi, daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia terkenal hingga ke mancanegara. (Foto: blorakab.go.id).

MAGELANG, iNews.id – Daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia terkenal hingga ke mancanegara. Marmer, menjadi salah satu hasil tambang yang memiliki harga jual tinggi jika diolah dengan baik.

Batu marmer, yakni batuan yang terbentuk dari hasil metamorfosis batu gamping (kapur). Biasanya ditemukan di daerah pegunungan batu gamping (kapur). 

Batu marmer berwarna putih pekat atau kekuningan dengan serat alami. Warnanya bisa berubah sesuai dengan mineral yang ada di pegunungan tersebut.

Indonesia yang kaya akan hasil tambang memiliki beberapa pegunungan yang menghasilkan marmer. Hasil batu marmer di Indonesia bahkan sampai diekspor ke mancanegara. 

Batuan ini dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan atau keperluan pembangunan.

Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia, yaitu:

1. Magelang, Jawa Tengah

Magelang memiliki jenis batu marmer merah yang disebut hanya ada dua di dunia, yaitu di Italia dan pegunungan Menoreh yang terletak di Dusun Karangsari, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman. 

Warga dusun tersebut mengembangkan batu marmer merah sebagai objek wisata alam dan taman marmer agar memberikan manfaat bagi perekonomian warga. Pada 2019, warga juga menyingkap adanya gua marmer purba di area pegunungan tersebut.

2. Tulungagung, Jawa Timur

Kabupaten Tulungagung yang terletak di provinsi Jawa Timur, daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia. Lebih tepatnya, di Desa Besole, Kecamatan Besuki yang memiliki perbukitan yang kaya mineral, salah satunya batu marmer. 

Perusahaan tambang marmer, yaitu PT. Industri Marmer Indonesia Tulungagung (IMIT) ada di desa ini. Marmer yang dihasilkan dari daerah ini terkenal yang terbaik. 

Marmer pun menjadi lahan rezeki bagi masyarakat sekitar karena bisa dijadikan berbagai kerajinan, pembangunan rumah, dan lain sebagainya. 

Ada 150 unit usaha lebih yang menjadi perajin Marmer. Pemerintah Tulungagung terus berupaya mendorong para perajin marmer agar mereka bisa membangun pasar lebih besar.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: